Lihat ke Halaman Asli

Meirri Alfianto

TERVERIFIKASI

Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

10 Kebiasaan Baik yang Patut Diterapkan di Lingkungan Kerja

Diperbarui: 31 Mei 2021   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi mengubah kebiasaan dalam bekerja. (sumber: flickr/alancleaver via kompas.com)

Hakikat hidup manusia adalah untuk bekerja. Barangsiapa tidak bekerja hendaknya ia jangan makan. Dengan kata lain, esensi orang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan. 

Bekerja itu berarti kita berada dalam lingkungan kerja. Lingkungan kerja merupakan suatu wadah yang didalamnya mungkin terdapat berbagai macam karakter, kebiasaan, latar belakang, juga budaya. Kesemuanya menyatu dalam sebuah tim untuk mencapai satu tujuan.

Setiap perusahaan/instansi tentu ingin memiliki sumber daya manusia yang unggul. Baik secara kompetensi kecerdasan maupun perilaku. 

Untuk itulah kemudian diselenggarakan seleksi penerimaan pegawai setiap kali dibutuhkan formasi dalam organisasi. Karenanya, setiap insan dalam lingkungan kerja harus memiliki kualitas dalam diri.

Bagaimana supaya seseorang memiliki kualitas? Dengan cara melatihnya secara berulang-ulang. Sesuatu yang dilatih secara terus-menerus akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan apakah yang perlu dilatih? Tentunya kebiasaan-kebiasaan baik guna meningkatkan kualitas. 

Berikut ini 10 kebiasaan baik yang patut dikembangkan dalam lingkungan kerja kita.

1. Disiplin

Jangan datang terlambat. Lalu tertib administratif. Jika sakit, buktikan dengan adanya surat dokter atau surat keterangan lainnya apabila berhalangan kerja.

2. Saling menghormati dan menjaga tata krama

Perilaku (attitude) adalah soft skill yang utama. Jika kita ingin dihormati, kita pun harus menghormati orang lain. Demikian pula ketika kita ingin orang berperilaku santun kepada kita, maka kita wajib menjaga tata krama kepada siapapun. Tak hanya kepada atasan namun juga bawahan.

3. Menjaga kebersihan dan kerapihan di area kerja

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline