Lihat ke Halaman Asli

Alfiah Ziha

Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Jakarta

Demam Panggung Bukan Masalah Besar

Diperbarui: 2 Oktober 2022   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Setiap orang tentunya pernah merasakan kesempatan berbicara di depan umum. Tanpa kita sadari bahwa saat ingin tampil, kita pasti sering mengalami yang namanya demam panggung. Demam panggung merupakan istilah yang digunakan untuk seseorang yang merasa cemas saat akan tampil didepan banyak orang. Banyak orang yang menganggap bahwa demam panggung ini merupakan masalah yang dapat mengganggu performa mereka.

Namun terdapat cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Diantaranya : Yang pertama, yaitu dengan menguasai topik yang akan disampaikan. Ketika kita sudah menguasai topik yang akan disampaikan maka ketika kita tiba-tiba lupa di tengah penampilan maka kita bisa langsung melakukan improvisasi. 

Yang kedua, yaitu berlatih berbicara secara berulang-ulang. Ketika kita sudah terbiasa berlatih berbicara maka kita akan lebih mudah saat mempresentasikan topik yang kita bawakan. 

Yang ketiga, yaitu membuat catatan kecil. Dengan membuat catatan kecil kita akan mengetahui poin-poin pembahasan yang akan kita sampaikan dan juga memudahkan kita tentunya untuk mengingat materi yang berkaitan dengan poin tersebut. 

Dan cara yang terakhir ialah cara yang opsional yaitu minum air putih sebelum memulai penampilan, walaupun terdengar tidak masuk akal namun dengan minum air putih maka kita akan lebih relaks dan juga mampu mengatur sistem pernapasan kita.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka masalah demam panggung yang sering kita alami itu akan teratasi dan penampilan kita juga pasti akan berjalan lancar seperti yang kita harapkan. Tapi satu hal yang perlu diingat bahwa demam panggung merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang dan jikalau terjadi berulang-ulang padahal kita telah mencoba mengatasinya maka itu adalah hal yang wajar. Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline