Mohon tunggu...
Alfiah Ziha
Alfiah Ziha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Jakarta

Hello Everyone, namaku Alfiah Ziha Rahmatul Laili. Untuk orang yang baru mengenalku biasanya memanggilku Ziha. Namun, orang-orang terdekatku memanggilku Jia dan Jiul. Aku anak ke-2 dari 3 bersaudara dan aku merupakan anak perempuan satu-satunya di keluargaku. Dari kecil aku bisa dibilang cerewet, ya maksudnya saat aku kecil aku sangat senang dengan yang namanya berbicara, baik itu bercerita tentang hal yang aku suka sampai hal-hal random lainnya. Di saat aku remaja, aku menyadari bahwa aku tertarik dengan dunia public speaking, karena menurutku berbicara itu mampu meningkatkan rasa percaya diri kita. Aku berlatih terus menerus untuk mengembangkan minat serta bakatku di public speaking ini. Karena ketertarikanku ini terkadang di berbagai kegiatan sekolah aku selalu ditunjuk menjadi pembawa acara. Dari SD sampai SMA aku juga bisa dibilang cukup aktif di beberapa kegiatan, organisasi maupun ekstrakulikuler. Aku pernah menjadi Duta Lingkungan Hidup dan Dokter Cilik saat SD, Ketua Osis dan Ketua Paskibra saat SMP, Wakil ketua Osis, Ketua Kaderisasi Rohis, Pengurus Divisi DIKLAT Pramuka, dan menjadi Ketua dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah saat SMA. Menurutku orang tidak akan mempunyai pengalaman jika tidak terjun kedalamnya, karena dengan ikut berbagai kegiatan kamu akan bisa membentuk serta mengetahui potensi diri kamu itu berada dimana. Aku merupakan lulusan dari MAN 2 Tangerang, aku berhail masuk UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui jalur UM-PTKIN. Aku berharap di Kampusku saat ini aku bisa mengembangkan minat bakat yang aku punya, serta dapat menambah ilmu yang lebih banyak dan tentunya memperluas relasi pertemanan. Sekian cerita tentang diriku, terima kasih dan salam kenal semuanya.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Demam Panggung Bukan Masalah Besar

2 Oktober 2022   17:12 Diperbarui: 2 Oktober 2022   17:31 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Setiap orang tentunya pernah merasakan kesempatan berbicara di depan umum. Tanpa kita sadari bahwa saat ingin tampil, kita pasti sering mengalami yang namanya demam panggung. Demam panggung merupakan istilah yang digunakan untuk seseorang yang merasa cemas saat akan tampil didepan banyak orang. Banyak orang yang menganggap bahwa demam panggung ini merupakan masalah yang dapat mengganggu performa mereka.

Namun terdapat cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Diantaranya : Yang pertama, yaitu dengan menguasai topik yang akan disampaikan. Ketika kita sudah menguasai topik yang akan disampaikan maka ketika kita tiba-tiba lupa di tengah penampilan maka kita bisa langsung melakukan improvisasi. 

Yang kedua, yaitu berlatih berbicara secara berulang-ulang. Ketika kita sudah terbiasa berlatih berbicara maka kita akan lebih mudah saat mempresentasikan topik yang kita bawakan. 

Yang ketiga, yaitu membuat catatan kecil. Dengan membuat catatan kecil kita akan mengetahui poin-poin pembahasan yang akan kita sampaikan dan juga memudahkan kita tentunya untuk mengingat materi yang berkaitan dengan poin tersebut. 

Dan cara yang terakhir ialah cara yang opsional yaitu minum air putih sebelum memulai penampilan, walaupun terdengar tidak masuk akal namun dengan minum air putih maka kita akan lebih relaks dan juga mampu mengatur sistem pernapasan kita.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka masalah demam panggung yang sering kita alami itu akan teratasi dan penampilan kita juga pasti akan berjalan lancar seperti yang kita harapkan. Tapi satu hal yang perlu diingat bahwa demam panggung merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang dan jikalau terjadi berulang-ulang padahal kita telah mencoba mengatasinya maka itu adalah hal yang wajar. Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun