Lihat ke Halaman Asli

alfa pabela pratama

Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta jurusan S1 Ekonomi Akuntansi

Performance Public Relation

Diperbarui: 11 Oktober 2023   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PR yang merupakan singkatan dari Public Relations merupakan hal yang mulai diperhatikan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Ini melibatkan berbagai tugas seperti mengelola hubungan dengan jurnalis, mengatur acara, dan memastikan perusahaan memiliki reputasi yang baik. Beberapa orang menganggap PR sebagai pekerjaan mewah yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang cantik dan menawan, padahal itu tidak benar. Kesalahpahaman inilah yang menyebabkan sebagian orang berpandangan negatif terhadap PR.

Sulit untuk menjelaskan apa itu PR hanya dengan satu atau dua definisi karena ada banyak gagasan berbeda mengenai maknanya. Setiap orang dan kelompok mempunyai definisinya masing-masing tentang PR, yang dapat menunjukkan bagaimana PR digunakan di berbagai tempat atau bagaimana PR berubah seiring berjalannya waktu.

PR ibarat cara sebuah organisasi bertindak dan berupaya membuat orang berpikir bahwa mereka melakukan pekerjaannya dengan baik. Penting bagi orang-orang untuk berpikir bahwa suatu organisasi bertanggung jawab dan dapat dipercaya. PR bukan hanya tugas orang-orang PR saja, tapi juga para pengelola organisasi. Orang-orang PR membantu organisasi mengetahui apa yang mereka yakini, mencapai tujuan mereka, dan bekerja dengan baik dibandingkan dengan organisasi lain.

Praktisi PR dalam organisasi mempunyai pekerjaan yang penting. Mereka membantu memastikan organisasi berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat. Mereka mempunyai dua tugas penting: (1) Mereka adalah bagian dari kelompok yang membuat keputusan penting bagi organisasi dan (2) mereka bertanggung jawab atas departemen PR dan dapat mengambil keputusan tanpa campur tangan departemen lain. Hal ini memudahkan mereka membangun hubungan baik antara organisasi dan publik. Mereka memastikan sikap dan tindakan setiap orang selaras.

PRO atau Public Relations adalah ketika perusahaan atau organisasi melakukan sesuatu agar orang-orang menyukainya dan menganggapnya baik.

Mengapa penting bagi profesional PR untuk memiliki keterampilan manajemen yang baik? Ya, aktivitas PR melibatkan membantu orang-orang yang bertanggung jawab atas sebuah perusahaan atau organisasi membentuk pendapat orang lain tentang mereka. Dan untuk melakukan itu, mereka harus mampu berkomunikasi dengan baik baik dengan organisasi maupun masyarakat. Penting untuk memiliki hubungan yang baik antara PR dan publik agar semua orang dapat rukun dengan baik. PR juga mempunyai tujuan untuk menciptakan citra yang baik bagi perusahaan, baik di dalam maupun di luar. 

Artinya, mereka harus bisa berbicara dengan orang lain dengan cara yang membuat mereka nyaman dan tidak takut. Jika orang merasa tidak nyaman atau terintimidasi, mereka tidak akan mampu melakukan pekerjaan terbaiknya. Dan jika keadaan menjadi terlalu menegangkan, hal ini dapat menimbulkan pertengkaran dan masalah bagi perusahaan secara keseluruhan. Jadi, pandai mengelola orang dan berkomunikasi sangatlah penting bagi para profesional PR.

Untuk memiliki hubungan yang baik di tempat kerja, kita perlu memiliki hal-hal yang membuat kita bersemangat dan termotivasi. Kita juga perlu memperlakukan orang lain dengan baik dan hormat, baik di dalam maupun di luar perusahaan kita. Melakukan hal-hal baik untuk orang lain dan bertanggung jawab atas tindakan kita juga penting. Perusahaan dapat menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap masyarakat dan komunitas melalui kegiatan seperti kegiatan amal. Hal ini membantu mereka membangun hubungan baik dengan masyarakat. Seseorang yang bekerja di bidang humas (PR) sangatlah penting karena dapat membantu membuat masyarakat berpikir positif terhadap suatu perusahaan. Dan ketika orang memikirkan hal-hal baik tentang suatu perusahaan, hal itu membantu perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik.

Hubungan Masyarakat seperti pekerjaan yang membantu orang dan bisnis berbicara dengan orang lain dengan cara yang baik. Ia memiliki bagian-bagian yang berbeda, seperti peran, fungsi, dan tugas. Ini seperti tugas berbeda yang dilakukan PR untuk memastikan semua orang mengetahui orang atau bisnis tempat mereka bekerja.

Peran, fungsi, dan tugas PR
1. Menciptakan reputasi positif bagi institusi dengan bantuan penanggung jawabnya.
2. Media penyebaran informasi dan komunikasi kepada pihak internal dan eksternal.
3. Mengelola media internal dan eksternal, publikasi media, pelatihan dan penelitian terkait masalah citra institusi.

Proses PR seperti bersiap-siap untuk acara khusus. Pertama, Anda perlu memutuskan apa yang ingin Anda katakan dan siapa yang ingin Anda ceritakan. Kemudian, Anda perlu membuat rencana tentang cara membagikan pesan Anda kepada orang lain. Selanjutnya, Anda mulai memberi tahu orang-orang tentang pesan Anda, seperti mengundang mereka ke acara tersebut. Terakhir, Anda mendengarkan apa yang orang katakan tentang pesan Anda dan membuat perubahan yang diperlukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline