Lihat ke Halaman Asli

Vio Aldianita

Mahasiswa

"Smartphone" dan Psikologi "Anak Zaman Now" (Bagian 1)

Diperbarui: 10 Februari 2018   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Sekarang ini banyak anak-anak kecil bahkan balita yang sudah mempunyai smartphone. Perkembangan teknologi ini sangat-sangatlah cepat bahkan anak kecil yang belum sekolah SD ataupun TK aja uda bisa menggunakan smartphone. Hal ini saya lihat dari banyaknya anak-anak kecil yang menggunakan smartphone sekarang ini baik didesa saya maupun di lingkungan kos saya. Perkembangan ini tentu ada dampak baiknya maupun dampak buruknya bagi anak terutama bagi psikologi anak itu sendiri. Karena anak kecil belum mengerti tentang apa-apa yang disebut smartphone dan apa fungsinya juga kegunaannya. Yang paling penting itu peran orang tua dalam mengawasi anak menggunakan smartphone.

Saya lihat anak-anak kecil zaman now sekarang ini cenderung sulit bersosialisasi dengan teman sebaya yah artinya ngomong secara langsung mereka ketika kumpul ya pada pegang hp masing-masing. Cenderung cuek dengan keadaan lingkungan sekitar dan ya fokus ke smartphone miliknya sendiri. Kumpul-kumpul tapi tidak bercakap-cakap ya itulah kids zaman now. Namun itu bukan berdampak baik justru itu malah berdampak buruk bagi psikologi anak karena akan menyulitkan anak dalam berkomunikasi dan sosialisasi anak dengan lingkungan sekitar.

 Akibatnya anak akan merasa minder, pendiam, tidak aktif, bahkan menjadi pribadi tertutup. Oleh karena itu perkembangan anak tentang teknologi sekarang ini harus selalu diawasi betul oleh orang tua. Guru terbaik dan paling baik orang tua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline