Lihat ke Halaman Asli

Albait Arasyid

Menulis untuk dikenang

4 Cara Jitu Bisnis Jual Aneka Hobi dan Koleksi dengan Profit Tinggi!

Diperbarui: 11 Februari 2021   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Hobi adalah kegemaran, kesenangan, dan biasanya di luar pekerjaan utama.  Hobi ini beraneka warna dimana untuk menjalankannya membutuhkan alat-alat tertentu. Sedangkan yang namanya koleksi ini bisa berupa barang seperti action figure, permata, mainan, kristal dan lain sebagainya. Melihat peluang yang sangat bagus ini Anda bisa memanfaatkannya dengan berbisnis aneka hobi dan koleksi.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka penting bagi Anda untuk tahu trik dan juga tipsnya. Terlebih lagi saat ini adalah bisnis digital dimana strategi untuk menjalankannya berbeda dengan sebelumnya. Supaya laris dan banyak dibutuhkan simak cara bisnis jual aneka hobi dan koleksi yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Penelitian Sederhana

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa bisnis jual aneka hobi dan koleksi adalah Anda bisa melakukan penelitian simpel dan sederhana terlebih dahulu. Anda bisa mengamati hobi seperti apa yang sedang banyak diminati saat ini misalnya saja adalah gowes dan lain  sebagainya. Dengan penelitian tersebut Anda bisa menyimpulkan bahwa peralatan gowes dan lain sebagainya ini sangat dibutuhkan.

Searching Sederhana

Selain melakukan riset Anda bisa memulai bisnis jual aneka hobi, mainan dan koleksi online dengan cara melakukan pencarian sederhana. Anda bisa mencari mainan apa yang sedang banyak dibutuhkan. Untuk pencariannya ini bisa menggunakan mesin pencarian.

Misalnya saja adalah Anda bisa mengetikkan kata kunci mainan dimana di sana Anda akan menemukan beberapa sugesti atau usulan yang muncul di kolom pencarian. Biasanya usulan di kolom tersebut menjadi tanda bahwa kata kunci itulah yang sering dicari banyak orang.

Konsep Bisnis

Hal yang bisa Anda perhatikan selanjutnya adalah konsep bisnis yang akan Anda usung. Untuk konsep bisnis ini beraneka macam dan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi Anda. Jika Anda memiliki modal yang cukup maka Anda bisa menjadi supplier mainan, aneka hobi dan juga koleksi tersebut.

Untuk bisa menjadi supplier ini tentunya ada beberapa persyaratan yang harus Anda perhatikan.  Semua produk yang Anda buat ini harus ada label SNI nya. Tujuannya agar produk Anda tidak dianggap ilegal. Memang menjadi supplier sekaligus produsen ini lebih rumit dan modal lebih besar namun hasilnya akan sepadan dengan usaha yang telah Anda keluarkan.

Jika Anda belum memiliki modal yang cukup maka hal yang bisa Anda lakukan adalah menjadi reseller dan dropship. Cara ini adalah yang termudah dimana Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam  jumlah yang banyak bahkan bisa tanpa modal.

Yang Anda perlukan adalah mencari supplier terbaik dan terpercaya dimana barang-barangnya berkualitas tinggi. Saat ini ada beberapa platform yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk kulakan karena  memiliki banyak supplier di dalamnya.

Foto Produk dan Deskripsi

Anda yang ingin berbisnis penting untuk memperhatikan foto produk. Jika Anda seorang reseller atau berjualan secara dropship tidak masalah karena foto bisa diambil dari supplier. Sedangkan jika Anda menjadi supplier Anda harus memilih foto produk yang profesional dan menarik karena foto ini sangat berpengaruh terhadap konsumen. 

Semakin menarik foto Anda maka semakin banyak konsumen yang melakukan klik link gambar produk Anda tersebut. Buat deskripsi yang jelas. Deskripsi ini yang akan dijadikan sebagai acuan konsumen dalam membeli produk Anda tersebut




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline