Lihat ke Halaman Asli

Efek Virus Corona terhadap Berbagai Bidang

Diperbarui: 14 April 2020   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

💵Ekonomi📉

Penyebaran Virus Corona sangat berdampak terhadap integritas bangsa Indonesia. Salah satunya pada bidang ekonomi. Bahkan ada kekhawatiran virus Corona akan menyebabkan krisis ekonomi yang akan berujung pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara massal. 

Dilain hal Rupiah dan Saham ikut terimbas Virus Corona. Nilai tukar Rupiah per-tanggal 4 April, hari Kamis kemarin melemah 0,27% ke angka Rp 16,495  per-dolar AS pada pasar Spot saham. Hal ini diakibatkan pasar perekonomian masih kaget menerima skenario terburuk dampak dari Virus Covid-19 terhadap asumsi makro yang dibuat pemerintah.

Strategi Penanganan 

  1. Pemerintah Berencana untuk mengirimkan bahan pangan setiap 3 hari sekali untuk setiap rumah
  2. Pemerintah akan melakukan tes massal Soviet nineteen agar penanganan korban semakin cepat

👨‍⚖️Politik🏛

hrkatha.com

Wabah Virus Covid-19 terjadi di beberapa belahan dunia mengakibatkan dampak negatif bagi sistem politik di Indonesia. Pemerintah Indonesia memberlakukan keadaan "Darurat Sipil" jika keadaan semakin memburuk. Namun menurut beberapa pihak "Darurat Sipil" malah akan menciptakan ketakutan yang bisa berujung kekacauan dan masyarakat justru mengambil inisiatif pribadi untuk menjaga diri dan Tetap tenang bisa pemerintah telah menetapkan kebijakan penanggulangan Virus Covid-19. Hal ini juga akan menimbulkan pemerintah campur antara demokrasi dan otoritarian yang akan menyebabkan indeks demokrasi anjlok dan cacat.

Strategi Penanganan 

  1. Wabah Virus Covid-19 merupakan hal berat, sebaiknya pemerintah tidak membuat kebijakan yang bisa menambah beban tersebut
  2. Melakukan Karantina wilayah dan pembatasan sosial 
  3. Pemerintah lebih cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi

🎭Sosial dan Budaya🎎

istimewa

Dampak Virus Corona terhadap masyarakat di Indonesia tentu tidak berbeda jauh dengan masyarakat di negara lain yang juga sama mengalami pandemik Virus Covid-19. Berbagai negara termasuk Indonesia mulai menetapkan kebijakan Sosial Distancing. Meskipun kebijakan ini dapat menekan kuat persebaran Virus Corona.

Namun menimbulkan kerentanan sosial ini membuat mata pencarian terganggu dan juga produktivitas masyarakat pun ikut menurun bahkan sekolah-sekolah yang ada di Indonesia pun jadi diliburkan dan menerapkan study at home yang tidak begitu efektif bagi siswa

Strategi Penanganan 

  1. Berkomunikasi lewat sosial media seperti wa Facebook dan lain-lain
  2. Menghindari kerumunan dan jaga jarak minimal 1 M terhadap dengan orang lain 
  3. Jangan pulang kampung atau mudik 
  4. selalu mengikuti berita terkini melalui Internet

👨‍✈️Pertahanan dan Keamanan 👩‍✈️

freepik.com

Dalam konteks Pertahanan, Virus Covid-19 dapat sangat mengancam pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia dikarenakan pemerintah sangat fokus dalam menekan kematian akibat Virus ini. Salah satu kebijakan pemerintah "Lockdown" dan juga tidak begitu efektif bagi sebagai masyarakat Indonesia banyak warga tetap "Ngeyel" tidak mau diam diri dirumah. 

Tak hanya itu, "Lockdown juga melumpuhkan sektor ekonomi" yang menyebabkan banyaknya pengangguran dan PHK yang membuat meningkatnya angka kriminal. Akhir-akhir ini Pemerintah juga melepaskan sebagian besar napi dari penjara. Hal ini menimbulkan keresahan para warga.

Strategi Penanganan 

  1. Pemerintah lebih tegas terhadap pihak yang tetap ngeyel tidak mau di Lockdown 
  2. Memberikan sosialisasi terhadap masyarakat tentang pandemic Corona secara akurat dan informatif

“Tantangan tidak akan pernah selesai sepanjang berlangsungnya perjuangan mempertahankan integrasi nasional.”




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline