Lihat ke Halaman Asli

F-16 Bekas Bukan Berarti Rongsokan!

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12893183501897841421

[caption id="attachment_74407" align="aligncenter" width="300" caption="F-16 C/D, gambar di unduh melalui google"][/caption]

Sekilas F-16

Di awali dari pemikiran bahwa harga satu pesawat tempur modern harganya akan setara dengan harga keseluruhan  satu wing pesawat tempur era Perang Dunia ke II, hal tersebut menyebabkan penentu kebijakan akan  menghadapi permasalahan klasik,yakni memilih antara kualitas dan kuatitas. Apabila memilih kualitas, tentu pesawat tersebut akan memiliki kemampuan yang superior apabila bertarung satu lawan satu, namun akan kalah apabila melawan musuh yang jumlahnya superior. Di sisi lain apabila memilih kuantitas, maka pesawat tersebut dapat dibuat menjadi armada yang besar sehingga menimbulkan daya tangkal, namun dengan demikian tentu dibutuhkan biaya perawatan yang besar, jumlah penerbang yang bnayak, hal tersebut mungkin tidak terlalu bermasalah pada kondisi perang, namun dalam kondisi damai, mempertahankan armada yang begitu masif akan berbentuan dengan anggaran pertahanan.

Solusinya adalah gabungkan keduanya ! Ambil kemampuan yang dibutuhkan dari pesawat tempur yang lebih mutakhir, masukan pada airframe pesawat low cost production,  begitulah resep yang dilakukan oleh General Dynamics. Akhirnya 20 Januari 1974 prototip F-16 terbang perdana, dikuti prototip F-16B (versi dua kursi) yang kemudian terbang tahun 1977.

Sementara itu di Eropa dalam kondisi perang dingin, ditambah adanya kebutuhan untuk menganti armada F-104 yang telah menua, beberapa negara NATO melakukan riset untuk mencari pengganti dari pesawat tersebut, sehingga tetap bisa menandingi kemampuan yang dimilik angkatan udara Blok Komunis. karena adanya batasan anggaran, maka akhirnya diputuskan akan lebih ekonomis apabila semua negara membeli satu jenis pesawat saja, sehingga dapat menurunkan biaya riset dan pengembangan, dan setelah berbagai pertimbangan F-16 terpilih sebagai pemenang. Akhirnya munculah suatu perjajian yang unik pada masa itu. Bahwa F-16 selain digunakan dan diproduksi oleh Amerika Serikat akan juga digunakan dan diproduksi oleh Negara-negara Nato, suatu konsep yang sama digunakan untuk memproduksi JSF F-35 puluhan tahun kemudian.

Dengan demikian F-16 akan diproduksi 55 sub kontraktor besar, didukung 4000 firma yang lebih kecil, namun produksinya tidak hanya sebatas di Amerika Serikat, melalui perjanjian antara lima negara termasuk Belgia, Denmark, Belanda, Norwegia, Dan Amerika Serikat yang ditanda tangani pada tahun 1975, F-16 juga turut diproduksi dan di operasikan oleh Negara-Negara Eropa.

Tahun 1981 menjadi tahun pembuktian F-16 A/B di medan tempur, Angkatan Bersenjata yang pertama kali menggunakannya adalah Angkatan Udara Israel. Delapan puluh menit setelah lepas landas, F-16 milik Au Israel mengantarkan munisinya menuju kuba-kubah reaktor nuklir milik Irak, ratusan sistem persenjataan milik Irak tak mampu mendeteksi ataupun menjatuhkan sang penyerang, begitu juga 450 Pesawat tempur yang dimiliki  Irak, tidak ada satu pun yang bisa membendung agresi f-16 milik AU Israel.

Hingga kini, F-16 telah berlaga berbagai di medan tempur, dari medan tempur di Timur Tengah hingga pegunungan bersalju di kawasa Balkan. Selain itu berbagai negara masih menjadikan F-16 sebagai tulang punggung Angkatan Udaranya, bahkan termasuk Amerika Serikat.

Varian F-16

Seperti mesin perang lainnya, F-16 terdiri dari berbagai varian, dengan kemampuan dan konfigurasi mesin, avionik, hingga persenjataan yang berbeda, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.  Dimulai dari seri A/B dengan versi block 1/15/15OCU/MLU, kemudian seri C/D dengan versi Block 25/30/32/40/50/52/50D/52+, serta yang termutakhir F-16 E/F Block 60.

Perbedaan paling mencolok adalah pada F-16 E/F Block 60. Pesawat tersebut dimiliki oleh Angkatan Udara Uni Emirat Arab, pada pesawat rangka tersebut  telah dirombak agar dapat dilengkapi dengan CFT (conformal fuel tank) yakni tangki bahan bakar yang dibuat menempel di punggung pesawat, sehingga tidak digantung di sayap, selain itu juga pesawat tersebut ditenagai oleh mesin General Electric F110-GE-132, dan juga telah dilengkapi dengan avionik yang setara dengan F-22 Raptor, sehingga memiliki keunggulan dalam membawa pesenjataan, dan kemampuan bertempur yang lebih baik dibandingkan F-15E Strike Eagle maupun F-18 E/F Super Hornet.

Versi lainnya yang tak kalah mutakhir adalah F-16I Sufa, versi ini adalah F-16 Block 52+ yang diupgrade menggunakan avionik buatan Israel, dengan demikian F-16 ini dapat membawa berbagai macam senjata terbaru yang dimiliki oleh Angkatan Bersenjata Israel

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline