Lihat ke Halaman Asli

Ainun Herlambang

Keterangan Profil

Tembalang Tetap Sehat, Aman, dan Produktif di Tengah Pandemi

Diperbarui: 12 Agustus 2020   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbagai persiapan edukasi (masker gratis, pamflet, poster)

Tembalang (10/8) Universitas Diponegoro menyelenggarakan KKN TIM II 2020 bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)".

Kegiatan ini dilaksanakan mulai Minggu, 5 Juli 2020 hingga Sabtu, 15 Agustus 2020 (42 hari) dengan tujuan pengabdian kepada masyarakat dan membantu menekan persebaran virus corona. Meski ditengah masa pandemi, mahasiswa Universitas Diponegoro tetap mengikuti kegiatan ini dengan catatan setiap program kerja yang akan diimplementasikan harus sesuai dengan protokol kesehatan terkini.

Ainun (22), mahasiswa Informatika Universitas Diponegoro, mengikuti kegiatan KKN TIM II 2020 yang berlokasi di RT 2 RW 2 Kelurahan Tembalang. Banyaknya masyarakat sekitar yang mengabaikan protokol kesehatan menggugah Ainun untuk melaksanakan program edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya kesadaran terhadap bahaya Covid19. 

Tak hanya itu saja, untuk meningkatkan antusiasme masyarakat, Ainun juga membagikan masker gratis, pamflet, serta memasang poster tentang pentingnya protokol kesehatan untuk menekan persebaran Covid19. Beberapa hal yang ditekankan dalam programnya adalah pentingnya mencuci tangan secara berkala, memakai masker, melakukan physical distancing, tidak memegang mata, hidung dan mulut saat tangan kotor, serta nomor darurat bantuan medis yang dapat dihubungi oleh warga.

Selain Covid19, keamanan dan produktifitas warga ditengah pandemi juga menjadi perhatian Ainun dalam merumuskan program kerja. Program kedua yang dilaksanakannya adalah edukasi tentang pemanfaatan internet untuk meningkatkan keamanan digital dan produktifitas dimasa pandemi. Sama halnya dengan program pertama, Ainun juga membuat pamflet, poster, dan channel diskusi secara online yang dapat dimanfaatkan oleh warga. Ia juga membantu warga yang kesulitan dalam menemukan cara untuk meningkatkan produktifitas. 

Edukasi Covid19 di RT 2 RW 2 Tembalang

Meskipun terlihat sederhana, Ainun berharap warga akan senantiasa aman baik secara fisik maupun digital, serta dapat tetap produktif meski ditengah masa pandemi.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline