Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaiful Bahri

Semangat belajar

Bersabarlah Wahai Calon Jamaah Haji Indonesia

Diperbarui: 3 Juni 2020   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ILUSTRASI JAMAAH HAJI - Ratusan calon jamaah haji Balikpapan di Islamic Center sebelum memasuki Asrama Haji tahun 2019. Foto: TribunKaltim.co

Pemerintah melalui Kementerian Agama secara resmi meniadakan keberangkatan jama'ah haji tahun 2020. Berita ini tentu saja mengagetkan bagi masyarakat yang akan berangkat ke Mekkah tahun ini. 

Keputusan tersebut diambil mengingat pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi. 

"Pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara mana pun. Akibatnya, pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (2/6/2020), seperti dikutip Kompas.com.

Sedih dan kecewa tentu saja, kita memaklumi dan menerima rasa sedih para calon tamu Allah. Mereka sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, menabung sejak usia muda, berdo'a siang malam agar dimudahkan dalam menunaikan ibadah haji.

Namun, keputusan pemerintah harus didukung, kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia menjadi prioritas. Karena jutaan orang se dunia akan berkumpul di Mekkah dan kita tidak tahu apakah yang berangkat haji dari negara lain mengidap Covid-19 ataukah tidak.

Banyak Bersabar

Kejadian penundaan tersebut menjadi ujian bagi calon jamaah haji. Belajar ikhlas dan bersabar atas musibah ini menjadi hal yang harus dilakukan oleh calon jamaah haji. Walaupun itu pasti sulit banget. 

Keluarga sebagai orang terdekat calon jamaah haji harus full mendukung dan menenangkan orangtuanya, pamannya, keluarganya yang akan menunaikan ibadah haji.

Rasanya kita sebagai rakyat Indonesia juga perlu mendoakan jamaah haji agar tetap sehat, bersabar dan ikhlas, sehingga bisa menunuaikan ibadah haji di tahun 2021. Aamiin. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline