Lihat ke Halaman Asli

wulanindri

agustin

Cara Memperbanyak Tanaman Pandan Wangi

Diperbarui: 21 April 2022   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandan wangi / dokpri

Untuk memperbanyak tanaman pandan wangi bisa dengan mengambil tunas tunas dari tanaman pandan wangi yang sudah dewasa. Pada pandan wangi yang sudah besar biasanya tumbuh tunas tunas di sisi batang bagian bawah. 

Tunas tunas tersebut bisa kemudian kita potong dan kita pindahkan ke medium tanam tersendiri baik berupa pot atau polibag yang berisi tanah. Pandan wangi akan tumbuh membesar dengan daun daun hijau panjang nya.

Daun daun pandan tersebut bisa kita manfaatkan untuk memberi aroma wangi pada beras kukus, kolak dan menjadi pewarna kue alami berwarna hijau.

Penggunaannya memang tidak sedikit empat lembar daun pandan wangi yang sudah panjang panjang jika di blender dan di saring airnya lalu diendapkan kurang lebih cukup untuk mewarnai adonan setengah kilo hingga terlihat hijau.

Selain pandan wangi yang bermanfaat untuk pewarna hijau alami dan pemberi aroma alami, tanaman pandan wangi jika diperbanyak dan di pajang, membuat halaman nampak indah di pandang seperti tanaman hias yang lain bahkan dengan kelebihan yang tentu sangat bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline