Lihat ke Halaman Asli

Agung Han

TERVERIFIKASI

Blogger Biasa

Buah Melon dan Inovasi

Diperbarui: 17 Maret 2017   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buah Melon bentuk kotak-dokpri

Gaya hidup sehat sebenarnya murah dan mudah, rutin berolah raga dan memperhatikan asupan dalam tubuh. Perbanyak minum air putih, kurangi makan gorengan dan yang manis manis. Selebihnya, upaya mempertahankan kebiasaan baik tersebut.

Untuk mengganti konsumsi makanan manis, buah bisa menjadi penggantinya. Manis alami yang dihasilkan buah, selain sehat tentu banyak keuntungan didapati tubuh. Kalau sudah gemar makan buah, jangan lupa pilih buah buahan lokal.

Mengonsumsi buah lokal, bisa menjadi perwujudan rasa cinta tanah air. Membeli buah hasil petani buah Indonesia, berarti membantu kesejahteraan saudara sebangsa. Kalau saja setiap rumah di nusantara, setiap hari konsumsi dua buah lokal saja. Permintaan buah pasti meningkat, sehingga senyum petani akan mengembang.

Buah lokal bisa dibeli dimana?

Banyak tempat menjual buah lokal, bisa di pasar tradisional, pasar modern atau supermarket.

Buah Lokal dan Inovasi.

Saya masih ingat awal th 90-an, kala itu buah melon sedang ramai diperbincangkan. Buah berkulit tebal warna hijau, benar-benar merebut perhatian menjadi primadona. Buah melon masuk jajaran buah mahal, memerlukan perawatan ekstra hati hati. Mulai masa tanam sampai siap dipetik, mendapat perlakuan istimewa layaknya bayi baru lahir.

Ibu saya yang pedagang kecil, musti berpikir ulang membeli melon. Uang belanja terpaksa disisihkan sedikit demi sedikit, setelah terkumpul baru merasakan buah dambaan hati.

Hal serupa mungkin bisa kita saksikan, terjadi pada awal kehadiran buah klengkeng, buah naga atau beberapa nama buah lainnya. Mahalnya biaya pembibitan dan perawatan, menyebabkan mahal harga jual.

Seiring perkembangan teknologi, kini buah melon semakin banyak di pasaran. Sesuai hukum pasar, semakin banyak penawaran harga mulai bervariasi. Ibarat pepatah ‘ada harga ada rupa’, demikian pula terjadi pada buah melon.

Buah Melon-dokpri

Melon masuk dalam suku labu-labuan, buahnya segar disajikan sesuai selera. Bisa dipotong dengan irisan panjang, betuk kotak dadu atau bulat untuk campuran sup buah. Warna Daging ada yang putih, bahkan ada warna merah tergantung kultivarnya. Memiliki tekstur yang lunak, terasa empuk saat digigit dan dikunyah.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline