Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Gamification pada Pembelajaran dan Pelatihan

Diperbarui: 7 Februari 2019   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Setelah sekian waktu lamanyagim dan pembelajaran telah dilihat sebagai dua hal yang bertolak belakang. Akan tetapisejak meningkatnya angka peminat dan pengguna gamificationgaris di antara kedua hal tersebut mulai menipisFenomena gim ini pun berlaku tak hanya untuk anak-anak yang lebih akrab dengan media tersebuttapi juga untuk para dewasa yang bahkan tidak mau menyentuh gim sebelumnyaDengan hal inigamification dapat didefinisikan adalah sebuah usaha untuk mengaplikasikan mekanik atau fitur yang biasa ditemukan dalam gimLalu apa hubungannya hal tersebut dengan pembelajaranSecara singkatpenggunaan gamificatiosecara umum adalah untuk memacu dan memotivasi seseorangserta membuatnya merasa senang dengan hal yang ia lakukan selayaknya sedang memainkan gim.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline