Lihat ke Halaman Asli

Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan

Diperbarui: 7 Oktober 2022   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

(Adrianus Sugiarta, S. Pd.)

Kompetensi pembelajaran diakhir minggu pada bulan September 2022, tentang melaporkan hasil pengamatan. Dalam pembelajaran tersebut anak-anak melaporkan pengamatan tentang sudut-sudut SD Pangudi Luhur Yogyakarta yang memiliki view manarik, seperti halaman sekolah, ruang perpustakaan, ruang gamelan, tempat parkir orang tua, gua maria, ruang TIK, dan lain-lain. 

Kegiatannya membuat laporan pengamatan secara kelompok dalam bentuk video laporan pengamatan langsung. Bagi saya ini merupakan inovasi pembelajaran karena materi laporan ini biasanya dibuat siswa dalam bentuk tertulis.

Waktu itu Rabu, 21 September 2022 saya masuk ke ruang kelas 6 PL 3 untuk mengajar Bahasa Indonesia. Topik pemelajaran saat itu adalah menyusun dan melaporkan hasil pengamatan. 

Setelah menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, sebagai pengantar saya menayangkan laporan langsung yang disampaikan oleh reporter yang sudah terkenal dengan gaya yang sangat menarik. 

Saya sampaikan bahwa sebelum menyampaikan laporan, reporter tesebut membuat konsep laporan terlebih dahulu sebelum tampil di depan kamera. Saya tunjukkan bahwa isi laporan reporter tersebut terdiri pembuka, isi, dan penutup.

Langkah selanjutnya siswa berdiskusi secara berkelompok membuat konsep atau tulisan (skrip) yang akan disampaikan di depan kamera. Tiap kelompok beranggotakan tiga orang. Anggota kelompok sengaja saya buat kecil agar lebih efektif dalam bertukar pikiran. 

Mereka sangat asyik dalam berdiskusi. Seolah-oleh waktu berjalan lebih cepat dari biasanya. Tiba-tiba bel berbunyi. Mereka nampak kecewa karena diskusi belum selesai, keburu bel istirahat. 

Mereka melanjutkan diskusi diluar jam pelajaran karena pada pertemuan berikutnya mereka harus melakukan pengambilan gambar menggunakan HP yang mereka milki. 

Ternyara mereka bisa berbagi, jika HP-nya kurang mendukung atau memori kurang, teman lain dengan senang hati meminjamkan HP-nya agar bisa membuat video.

Sebelum pengambilan gambar, mereka menanyakan teks (konsep) yang telah mereka susun. Saya pun sangat menikmati berdiskusi dengan mereka tentang bagaimana teknik pengambilan gambar yang baik, isi laporan, sikap dan gaya yang sebaiknya dilakukan, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline