Lihat ke Halaman Asli

Adrian Chandra Faradhipta

TERVERIFIKASI

Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Nostalgia Rangkaian Kegiatan Pesantren Kilat Ramadan di Bangku Sekolah

Diperbarui: 19 April 2021   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Sumber: sinarjambi.com

Cung siapa disini yang dulu semasa SD, SMP bahkan SMA rutin mengikuti pesantren kilat (Sanlat)?

Masih membekas di memori saya bagaimana keriuhan lomba cerdas cermat agama Islam dalam rangkaian acara pesantren kilat semasa bangku sekolah, di sisi lain saya juga masih mengingat bagaimana ketika sesi ceramah yang panjang menjadi arena tidur siang berjamaah para siswa dan siswi di tengah terik, haus dan laparnya kami saat berpuasa.

Sejatinya pesantren kilat ini layaknya kehidupan pesantren dimana murid-murid difokuskan untuk mengikuti aktivitas dan kajian-kajian keagamaan Islam dalam waktu singkat semisal satu sampai tiga hari. Selain ceramah tentunya masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya yang juga yang saya alami dan mungkin sebagian besar dari kita juga alami. Berikut rangkumannya.

Pertama, Acara Ceramah dan Kajian Islam

Ilustrasi. Sumber: kozio.com


Namanya juga pesantren kilat maka akan banyak ceramah dan kajian islam dengan berbagai tema terkait Ramadan dan juga topik-topik Islam lainnya.

Saya mengingat acara pesantren kilat ini di hari pertama sangat antusias dihadiri oleh para peserta didik, mungkin karena kami diminta memakai pakaian muslim dan juga berkumpul bersama rekan-rekan di sekolah dengan nuansa berbeda dan tidak ada kegiatan belajar mengajar hanya mengikuti rangkaian kegiatan Ramadan.

Namun di hari kedua ataupun ketiga dan hari semakin siang maka kegiatan ceramah dan kajian agama akan berubah menjadi arena tidur siang berjamaah, entah karena tubuh yang kurang tidur karena bergadang dan sahur atau ya memang kondisinya mendukung serta kajiannya yang terlalu lama.

Kadang demi semaraknya acara panitia juga mengundang ustaz atau tokoh agama kondang dipadukan dengan kuis-kuis berhadiah lainnya.

Kedua, Lomba Cerdas Cermat Agama Islam

Ilustrasi. Sumber: samin-news.com


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline