Lihat ke Halaman Asli

Adhitya EP

Mahasiswa

Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Marketing dan Branding pada UMKM di Bubutan Kota Surabaya

Diperbarui: 26 Juni 2022   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pemasangan Stiker Logo pada kemasan (Sumber foto: Dokumen Pribadi)

Surabaya, 15 Juni 2022--Dalam era perkembangan ekonomi dan teknologi serta tingkat persaingan dalam dunia bisnis di Indonesia menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pelaku UMKM harus dituntut untuk terus melakukan inovasi mulai dari produk dan pemasaran. 

Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan jaringan internet saat ini yang mudah dijangkau dan digunakan banyak orang, sangat membantu pelaku usaha untuk bisa memanfaatkan promosi penjualan melalui media sosial agar produk lebih dikenal masyarakat dan dapat bersaing dengan pesaing lain. 

Pemasaran yang biasanya dilakukan pelaku usaha yaitu dengan face to face (tatap muka) namun dengan era perkembangan sekarang ini pemasaran penjualan dilakukan dengan media teknologi seperti smartphone. 

Dengan adanya pandemi covid-19 hingga era endemi yang melanda Indonesia saat ini sangat berdampak pada UMKM yang mengakibatkan penurunan penjualan dan menurunnya omset serta permasalahan yang umum ditemui dari pelaku usaha yaitu kurangnya pemahaman tentang pemasaran digital dan branding. Salah satunya yaitu UMKM Kue Kering Bu Jun Sumiati di Kec. Bubutan, Kota Surabaya. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program perguruan tinggi yang meliputi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para mahasiswa dan mahasiswi. 

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sudah 3 tahun melaksanakan program kegiatan pengabdian masyarakat secara individu dengan domisili rumah masing-masing dan mahasiswa harus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Program kegiatan KKN dimulai pada tanggal 30 Mei 2021 sampai 30 Juli 2022 dengan Mengusung Tema “KEBANGKITAN EKONOMI KERAKYATAN DI ERA ENDEMI."

Dokumentasi Edukasi Digital Marketing dan Branding (Sumber foto: Dokumen Pribadi)

Salah satu Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 yang mengkuti program KKN tahun 2022 yang bernama Adhitya Eko Prasetyo dengan Dosen Pembimbing Pelaksanaan Bapak Feliks Anggia Binsar Kristian Panjaitan, MM., CM. NNLP., CMA. Telah melaksanakan kegiatan KKN dengan pendampingan UMKM Kue Kering Bu Jun Sumiati yang berlokasi di Kec. Bubutan, Kota Surabaya serta mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. 

Pada program KKN dilakukan dengan meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran digital marketing dan branding. Maka harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar dan pemasaran serta promosi yang tepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline