Lihat ke Halaman Asli

Bahasa Pemrograman C++

Diperbarui: 15 Agustus 2020   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

OLEH :

Ade Chandra utama -- 0701173185

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN-SU

ALAMAT

Adeutama01@gmail.com

Dalam sebuah software ada banyak sekali bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman inilah yang membangun sebuah software. Bahasa pemrograman ini terlihat sangat rumit dan membingungkan untuk dipelajari. Salah satunya program C++, untuk contoh program C++ bisa ada banyak sekali tergantung fungsinya saja. Tapi sebelum melihat contoh program yang dibuat dengan c++, sebaiknya kita harus  mengenal dulu bahasa pemrograman C++.

Bahasa C++  pertama kali diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C wih class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.

Perusahaan pertama kali Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows. Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++.

C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Pragramming/OOP) yang tidak dimiliki C. sementara C merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya. Reputasi C tidak diragukan lagi dalam menghasilkan program .EXE berukuran kecil, eksekusi yang cepat, antarmuka (interfacing) yang sederhana dengan bahasa lain dan fleksibilitas pemrograman. Apa yang membuat C tampak sukar dipelajari mungkin karena tiadanya pemeriksaan tipe. Sebagai contoh, dapat mencampur bilangan bulat dengan string untuk menghasilkan karakter. Namun, justru dsitu letak fleksibilitas C, dapat mengolah data C sebebas mengolah data dalam bahasa assembly.

Ada pun program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bagian utama, yaitu : 1. Bagian komentar yang di tandai dengan symbol // dan pasangan /*...*/ 2. Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan symbol# 3. Bagian deklarasi dan 4. Bagian definisi.

Dalam C atau C+ + setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* ... */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar. C++ tidak mengizinkan komentar bersarang ( nested comment), namun Borland C++ lebih fleksibel dalam hal ini. Untuk bagian pengarah compiler, pengarah compiler ini juga berfungsi mengatur proses kompilasi.IOSTREAM.H merupakan file program yang mengandung deklarasi kelas- kelas yang diperlukan oleh objek cout.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline