Lihat ke Halaman Asli

ADE IMAM JULIPAR

AutoCAD Trainer

Jawaban Atas Pertanyaan

Diperbarui: 16 Agustus 2019   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Oleh: Ade Imam Julipar

16-08-19

Buku JURUS-JURUS SAKTI AUTOCAD bisa dideskripsikan dengan kalimat singkat: Jawaban atas pertanyaan.

Ya, buku ini adalah kumpulan jawaban dari pertanyaan yang diajukan baik oleh siswa kursus saya maupun member KOMUNITAS AUTOCAD INDONESIA.

Ini dilakukan dari 2009. Sudah sepuluh tahun tak bertemu ( seperti lirik lagu Gereja Tua jadinya. He he he). Sudah sepuluh tahun, sampai  dengan hari ini, kegiatan mengumpulkan jawaban itu dilakukan. Memang waktu yang sangat panjang.

Proses pengumpulannya pun tidak lah sederhana. Jawaban-jawaban yang sudah terbukti bisa menyelesaikan masalah, itu yang dimasukkan ke dalam buku. Yang masih meragukan dipending dulu sampai menemukan jawaban yang bisa dipakai. Jadi, tidak serta merta semua jawaban atas pertanyaan masuk dalam buku JURUS-JURUS SAKTI AUTOCAD.

Dokpri

Catatan pun tidak tersimpan pada satu tempat. Berserakan. Ada yang ditulis di pelepah daun pisang, di kulit sapi, atau di atas batu akik, eeh di tulis di: PC rumah, laptop, PC kantor, dan di email kalau sedang ada di warnet. Setiap tulisan tergantung dari pertanyaan yang timbul. Ini artinya susunan pembahasannya pun tidak linear, tetapi meloncat. Pembaca bisa mulai dari mana saja, tidak mesti dari halaman pertama.

Proses pengumpulan di mulai ketika zaman kekaisaran Romawi, eeh di mulai zaman penulis bersinggungan secara intens dengan media sosial, yaitu pada 2011. Tulisan-tulisan tentang AutoCAD semakin banyak saja, dan itu dijadikan menjadi satu file di MS Word.

Pada satu kesempatan ketika menjadi pembicara di salah satu seminar, seorang peserta mengajukan pertanyaan, atau lebih tepatnya mengajukan harapan, agar saya membukukan tulisan-tulisan saya tentang autocad  yang sudah saya sharing di berbagai media.

Dengan kesungguhan hati, saya pun menjawab: Ya, saya akan membukukan semua tulisan-tulisan saya dengan judul: JURUS-JURUS SAKTI AUTOCAD. Itu terjadi di medio 2016.

Ketika pertama terbit, atau tepatnya akan terbit, buku langsung terpesan 100 eksemplar. Sedangkan buku belum lagi terbit. Kenapa bisa seperti itu? Karena yang ingin membeli sudah tahu isinya seperti apa. Isinya yang mereka biasa baca di setiap tulisan saya tentang autocad. Mereka sudah tahu dari awal. Hanya kini dalam bentuk berbeda: Buku Cetak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline