Lihat ke Halaman Asli

Goodman Siadari

Guru Matematika SMA Katolik SAnto Paulus Jember

Bagaimana Menciptakan Model Pembelajaran Khas Karakter Masyarakat Indonesia

Diperbarui: 26 September 2017   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Model Pembelajaran yang diterapkan di sekolah Indonesai cenderung mengadopsi model-model pembelajaran dari negara-negara berkembang, dan kerap kali tidak sesuai budaya belajar di Indonesia. 

Sudah waktunya saat ini  Guru-guru di  Indonesia merancang model pembelajaran khas karakter masyarakat Indonesia. Karakter Indonesia menghayati 4 pilar kehidupan bangasa indonesia: Pancasila, Undang -Undang Dasar 1945, Kebhinekaan, dan NKRI.

Masalahnya dalam pendidikan saat ini adalah bagaimana mengupayakan untuk mengkolaborasikan keempat pilar tersebut sehingga ditemukan satu benang merah Model Pembelajaran Indonesia (MPI) yang dapat dijadikan sebagai acuan model pembelajaran di bumi nusantara Indonesia.

Bapak/Ibu/Saudara/i para pakar pendidikan di Indonesia dan juga pemerhati di bidang pendidikan apa syarat yang harus dipenuhi untuk membuat/menciptakan suatu model pembelajaran? sehingga MPI ada berlaku secara nasiona. Dengan senang hati kami guru-guru di Indonesia menerima informasi  tersebut agar guru Indonesia  mampu menciptakan suatu model pembelajaran khas karakter masyarakat Indonesia untuk berbagai disiplin ilmu. Atas partisipasinya kami sampaikan terimakasih.

Guru Matematika SMA KATOLIK SANTO PAULUS JEMBER




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline