Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... Lainnya - Geriatric millennial

Tukang upload di emperbaca.com. Kepilih jadi Best in Opinion di Kompasiana Awards 2022.

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Prestasi Ratu Catur dalam Pusaran Alkohol dan Kapsul Penenang di "The Queen's Gambit"

9 Desember 2020   19:09 Diperbarui: 10 Desember 2020   03:01 3476
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.lifestyleasia.com/

Queen's Gambit adalah nama salah satu strategi pembukaan tertutup pada permainan catur. Nama ini juga jadi judul serial keluaran Netflix berjudul The Queen's Gambit.

Pada banyak resensi dikatakan bahwa Elizabeth Harmon, biasa dipanggil Beth, berambisi memenangkan semua pertandingan catur, menurut saya tidak demikian. Catur adalah napas dan jiwanya. Beth tidak tahu bagaimana menjalani hidup tanpa catur.

Semasa kecil Beth ikut ibunya tinggal di caravan. Ibu Beth, Sarah Harmon, seorang PhD dan tersirat, pada kilasan-kilasan di tiap episode berbeda, menjalin hubungan spesial dengan orang kaya sampai hamil dan melahirkan Beth. 

Sarah asalnya juga anak orang kaya tapi tidak dijelaskan kenapa dia hidup di caravan hanya berdua saja dengan Beth kecil.

Sarah sengaja menabrakkan mobilnya ke arah truk yang sedang melaju setelah bertengkar dengan ayah kandung Beth. Sarah tewas di tempat. Beth selamat tanpa luka segorespun dan masuk panti asuhan di usianya yang ke-9.

Meski punya ayah kandung, tapi dalam akte kelahiran nama ayahnya tidak ada, jadi Beth dianggap yatim piatu karena ibunya tidak punya orang tua dan saudara untuk mengasuh Beth.

Di panti asuhan saya menangkap ada keganjilan. Ada 3-4 anak kulit hitam disana, salah satunya remaja bernama Jolene yang kelak meminjamkan uang ribuan dolar pada Beth untuk bertanding ke Uni Soviet. Uni Soviet?

Setting cerita serial ini berlatar tahun 1960-an dimana Uni Soviet masih berdiri. Pada masa itu rasialisme di Amerika Serikat juga masih kental. Ada pemisahan dalam berbagai bidang yang disesuaikan dengan warna kulit, termasuk panti asuhan. 

Berdasarkan arsip berita The New York Times tahun 1986 yang saya baca di nytimes.com, panti asuhan di AS era 1960-an masih menampung anak berdasarkan warna kulit.

Serial The Queen's Gambit ini diangkat dari novel berjudul sama karya Walter Tevis yang terbit pertama kali pada 1983 sebelum dicetak ulang pada 2003, mungkin saja Walter Tevis ingin menunjukkan Amerika yang humanis tanpa memandang warna kulit jadi dia "memasukkan" anak-anak kulit hitam ke panti asuhan itu. Entah. Ini cuma asumsi saya.

Sejak tayang perdana pada 24 Oktober 2020 lalu serial yang dibintangi Anya Taylor-Joy ini sudah ditonton lebih dari 62 juta akun Netflix di seluruh dunia. 

Penjualan catur di situs lelang eBay Inggris juga naik terdongkrak oleh kesohoran serial ini dengan banyaknya pencarian pada kata "catur" mencapai kenaikan sebesar 273 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun