Mohon tunggu...
Yunita Kristanti N I
Yunita Kristanti N I Mohon Tunggu... Pendidik - belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Pentingnya Membekali Self Help Skill bagi Anak Berkebutuhan Khusus

6 April 2022   12:27 Diperbarui: 6 Oktober 2022   09:05 2059
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak yang sedang berlatih mencuci piring sendiri | Sumber: Thinkstockphotos via Kompas.com

Self Help Skill atau Keterampilan Bantu Diri adalah bekal yang dapat kita berikan untuk dapat membantu Anak Berkebutuhan Khusus untuk menjalani fase-fase di kehidupan mereka.

Kita sebagai orang tua tentu ingin sekali melihat anak-anak kita memiliki tumbuh kembang yang optimal, baik secara fisik maupun mental.

Kemandirian juga merupakan salah satu acuan utama atau indikator yang penting bagi orang tua, tentunya. Kemandirian anak merupakan tujuan tiap orang tua pada anak-anaknya. 

Kita sebagai orang tua tentu tidak akan ada selalu untuk mereka. Kita sebagai orang tua tidak akan selalu menyertai anak-anak kita. 

Suatu saat kita harus dengan legowo melepas mereka untuk dapat hidup mandiri, hidup terpisah tanpa kita sebagai orang tuanya dan memberikan kepercayaan penuh bahwa mereka bisa mengarungi kehidupan sepenuhnya tanpa kita, orang tuanya. Memberi kepercayaan penuh juga, bahwa mereka dapat hidup di atas kaki mereka sendiri.

Hal ini tentu berlaku juga bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka harus dilatih kemandirian sejak dini, agar mereka bisa menjadi anak-anak yang bisa bertanggung jawab atas dirinya. 

Semua anak, tak terkecuali anak berkebutuhan khusus harus dipersiapkan kemandiriannya sejak usia dini. Kemandirian perlu dipersiapkan? Tentu saja

Kemandirian harus dilatih sedemikian rupa sejak dini. Anak berkebutuhan Khusus memerlukan latihan pembiasaan agar terlatih mengerjakan, melakukan sejumlah aktivitas yang membentuk pola kemandirian sejak dini.

Kemandirian merupakan salah satu indikator utama dalam merumuskan program bagi anak berkebutuhan khusus. 

Kemandirian menjadi salah satu pokok bahasan penting dalam setiap evaluasi program anak-anak berkebutuhan khusus. Nah, salah satu program yang penting untuk diajarkan serta juga dilatih pada anak-anak berkebutuhan khusus adalah Activity Daily Living atau Aktivitas Keterampilan Hidup Sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun