Mohon tunggu...
Zumrotun Nakidah
Zumrotun Nakidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menulis

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perjuangan Bangsa untuk Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

29 Juni 2021   14:14 Diperbarui: 29 Juni 2021   14:16 55 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perjuangan Bangsa untuk Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak zaman penjajahan, Indonesia akhirnya mampu mengumumkan kemerdekaannya hingga saat ini berusia 76 tahun. Banyak sekali sejarah-sejarah perjuangan para pahlawan yang rela bertumpah darah demi kemerdekaan Indonesia. Pada 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka ditandani dengan pembacaan proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno dengan didampingi Mohammad Hatta. (Saputra, 2020). Juga merupakan satu dari sejarah-sejarah Indonesia yang terkenang sebagai bentuk perjuangan Indonesia.


Mari kita melihat ke belakang, seperti Ahmad Yani, Pierre Tendean, DI Pandjaitan dan masih banyak lagi yang harus terbunuh di lubang buaya yang begitu menyiksa. IR Soekarno dan Muhammad Hatta yang menghadapi penculikan dan membuat naskah proklamasi. Fatmawati yang menjahit bendera Indonesia. Dan masih banyak cerita lainnya yang membuktikan bahwa gigihnya rakyat Indonesia pada masa itu berusaha merebut kemerdekaan bangsanya.


Pada era modern sekarang, meskipun Indonesia telah dinyatakan merdeka. Namun pada kenyataan yang kita lihat sekarang masih banyak rakyat Indonesia yang tertindas, kurangnya toleransi, dan penguasaan ekonomi luar negeri yang secara tidak langsung juga menjajah Indonesia di bidang ekonomi. Peneliti dari Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (Pustek) UGM, mengatakan corak keterjajahan ekonomi Indonesia ini setidaknya tampak dalam beberapa indikasi, seperti kondisi Indonesia yang masih menjadi pemasok bahan mentah. (Santosa, 2011)


Sebagai penerus milenial, kita mampu mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Indonesia era modern yang lebih transparan ini. Upaya yang dapat dilakukan terlebih oleh kita sebagai mahasiswa antara lain (Admin, 2017):
1. mempelajari sejarah perjuangan bangsa.
2. menghormati upacara bendera.
3. menghormati simbol-simbol negara.
4. mencintai produk dalam  negeri.
5. ikut bela negara.
6. berperan serta aktif berpolitik.
7. membantu mengharumkan nama bangsa.
8. membantu terciptanya ketertiban umum.
9. menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.


Masih sangat banyak upaya kita sebagai generasi muda untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Namun, memamng bukan hal yang mudah untuk melakukannya. Kerjasama dan kemajuan berfikir sangat dibutuhkan untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Penulis, Zumrotun Nakidah

Daftar Pustaka, 
Admin. (2017). Peran Mahasiswa Dalam Memahami Kebangkitan Nasional. 

Santosa, A. (2011). Ekonomi Indonesia Masih Terjajah. 

Saputra, G. (2020). Hari Ini Dalam Sejarah: 17 Agustus 1945, Indonesia Merdeka. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan