Mohon tunggu...
Zuliyan Rizky
Zuliyan Rizky Mohon Tunggu... Pelajar/Mahasiswa

"Do for all something the best, and the best will come back to you!"

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Perbatasan Vietnam dan Kamboja: Antara Pungli dan Google Translate

3 Oktober 2019   21:34 Diperbarui: 6 Oktober 2019   19:58 0 6 1 Mohon Tunggu...
Perbatasan Vietnam dan Kamboja: Antara Pungli dan Google Translate
Perbatasan Vietnam-Kamboja antara Moc Bai & Bavet International Border Gate

Membaca Tenggaranya-Asia: Edisi 3 (Vietnam-Kamboja)

Waktu pesawat belum se-komersial hari ini, zaman di kala orang-orang tua kita masih menggunakan kapal untuk berangkat ke Mekkah. Mungkin, istilah ke luar negeri bagi mereka masih 'tabu' dan belum se-'familiar' orang-orang yang hilir mudik mengantongi paspor pada hari ini.

Kehidupan orang-orang dulu sangatlah praktis. Selama mereka masih bisa mendapat rumah, makanan, dan pakaian. Bercengkerama dengan keluarga, bertetangga dengan baik, berkawan dan saling memberi.

Tampaknya, hidup sudah sangatlah cukup bagi mereka. Waktu berlalu dan zaman mulai berubah. Perkembangan kehidupan tentu mengubah segalanya. Termasuk manusia, sebagai salah satu aktor utamanya. Manusia memandang dunia ini luas, sehingga perlu bagi mereka untuk menjelajahi seluruhnya.

Ada banyak orang yang sudah melakukan perjalanan ke luar negeri. Bahkan beberapa dari mereka sudah sampai pada taraf 'sering'.

Ke luar negeri bagi mereka mungkin sama seperti perjalanan naik kereta antar kota di pulau Jawa bagi kita. Namun, bagi banyak orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri, tidak banyak dari mereka yang berpergian pernah melewati daerah perbatasan darat di negeri orang.

Kebanyakan dari mereka hanya merasakan antre di pos imigrasi yang bersih dan sejuk ala-ala suasana bandara yang terlalu biasa. Maka pengalaman melewati Moc Bai dan Bhavet Border Gate antara Vietnam dan Kamboja menjadi salahsatu pengalaman menarik yang tak akan terlupa.

Program P2A (Passage to Asean) pada Selasa, 10/09/2019 mengakhiri agendanya selama berada di Ho Chi Minh City, Vietnam dan akan bertolak menuju Kratie, Kamboja. Hari terakhir di Vietnam diisi dengan kunjungan penutup ke Ben Thanh Market yang berada di District 1, Cho Le Loi.

Ben Thanh Market, Ho Chi Minh City (HCMC), Vietnam
Ben Thanh Market, Ho Chi Minh City (HCMC), Vietnam

Ben Thanh Market adalah pasar terkenal di Ho Chi Minh City yang menjual bermacam-macam kerjinan tangan, suvernir, makanan lokal, dan barang-barang lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7