Mohon tunggu...
ZULFIKAR SALIHAMIDZIC
ZULFIKAR SALIHAMIDZIC Mohon Tunggu... Mahasiswa - Zulfikar Salihamidzic mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan

Maka nikmat tuhan mana yang kau dustakan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

14 Januari 2022   06:46 Diperbarui: 14 Januari 2022   06:55 155 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tim Nasional Sepakbola Indonesia telah mengarungi gelaran piala AFF 2020 di Singapura. Pada ajang ini, Timnas Indonesia di pandang sebelah mata oleh sejumlah lawannya yang hanya dianggap sebagai tim kuda hitam bagi para lawannya. 

Rata-rata squad tim Indonesia yang didaftarkan untuk piala AFF ini berusia 23,7 tahun. Karena itulah para lawan mengaggap remeh tim nasional Indonesia. 

Dengan squad yang "apa adanya" ini para fans tidak menaruh harapan besar untuk bisa menang disetiap pertandingannya apalagi sang juru taktik baru bekerja kurang lebih satu setengah tahun.

Indonesia tergabung dalam grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam. Timnas Indonesia tidak memiliki pemain kunci yang artinya tidak ada pemain penting melainkan semua pemain yang bermain diatas lapangan berpengaruh besar pada tim. 

Saat melawan Kamboja dan Laos, timnas Indonesia diatas kertas bisa memenangkan pertandingan. Terbukti dengan mengandalkan formasi 4-1-4-1 racikan dari pelatih asal Korea Selatan yaitu Shin Tae Yong ini mampu mengalahkan keduanya dengan skor yang cukup jauh. 

Man of The Match pada pertandingan masing-masing dimenangkan oleh pemain Indonesia yakni Ricky Kambuaya dan Irfan Jaya masing-masing dianugerahkan Oppo A95 selaku sponsor dalam turnamen ini.

Selanjutnya kontra Vietnam pelatih Indonesia mengubah taktik agar tidak kehilangan poin dengan cara bermain lebih bertahan dengan menggunakan tiga bek sekaligus guna memperkokoh barisan pertahanan dan menunggu kesalahan dari para pemain Vietnam baru timnas Indonesia melakukan serangan balik. Formasi tersebut di nilai ampuh dan berjalan efektif hingga pertandingan selesai dengan skor 0-0. 

Dengan hasil ini terlihat dari perjuangan para bek timnas Indonesia untuk mengawal pertahanannya sehingga membuat para pemain Vietnam putus asa karena tidak bisa menciptakan peluang dengan baik. 

Selanjutnya pada pertandingan kontra Malaysia, timnas Indonesia mengubah taktik kembali dengan menggunakan permainan cepat agar dapat menguasai pertandingan dan terbukti Indonesia berhasil mengalahkan Harimau Malaya dengan skor telak 4-1. 

Hasil tersebut membuat Indonesia lolos ke semifinal yang keluar sebagai juara grup dan bertemu dengan tuan rumah Singapura. Setelah berhasil mengalahkan Malaysia, para fans optimis Indonesia bisa juara pada AFF 2020 ini setelah menjadi Runner Up terbanyak yang mencapai lima kali.

Di pertandingan semifinal leg 1, Indonesia bermain imbang dengan Singapura sehingga kedua tim harus berjuang keras pada pertandingan leg 2 agar dapat lolos ke final. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan