Mohon tunggu...
Alex Zulfikar
Alex Zulfikar Mohon Tunggu... Travel writer

Menulis perjalanan, budaya, dan wisata Indonesia dan Asia.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengenal "Tet", Perayaan Tahun Baru Imlek di Vietnam

14 Februari 2021   09:45 Diperbarui: 14 Februari 2021   09:59 122 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal "Tet", Perayaan Tahun Baru Imlek di Vietnam
Perayaan Tet di Vietnam identik dengan bunga musim semi. (foto: VN Express)

Di Vietnam, perayaan Tahun Baru China disebut Tt Nguyn n atau biasa disingkat Tet. Ini merupakan salah satu perayaan paling penting bagi masyarakat Vietnam.

Perayaan Tet juga menjadi hari libur nasional di Vietnam selama satu minggu. Warga Vietnam memanfaatkan periode ini untuk pulang kampung, berkumpul dengan keluarga, dan berwisata, mirip tradisi mudik Lebaran di Indonesia.

Selama Tet, orang-orang di Vietnam juga berdoa bersama keluarga di pagoda untuk keberuntungan, kemakmuran, dan kesehatan di tahun yang baru.

Selain menandai tahun baru penanggalan bulan, Tet juga menjadi simbol awal musim semi di Vietnam, khususnya kawasan utara. Sedangkan di kawasan selatan, Tet menjadi simbol awal musim tanam padi.

Beberapa hari menjelang Tet, warga mulai membeli bunga musim semi (hoa dao) dan kumquat, dua pohon yang menjadi simbol perayaan Tet. Orang Vietnam percaya bahwa semakin besar pohon kumquat, maka semakin banyak pula kesejahteraan dan kesehatan yang akan didapat di tahun yang baru.

Bnh chung merupakan kue tradisional sekaligus simbol perayaan Tet di Vietnam. (foto: Alex)
Bnh chung merupakan kue tradisional sekaligus simbol perayaan Tet di Vietnam. (foto: Alex)

Taman-taman kota, jalanan, dan hampir setiap rumah dihias dengan bunga dan tulisan Chc Mng Nm Mi yang berarti "Selamat Tahun Baru". Warga dewasa menyiapkan angpao (dalam bahasa Vietnam disebut Bao L X) untuk anak-anak dan kerabat lainnya.

Makanan, kue, dan minuman (biasanya bir dan wine) selalu tersedia di setiap acara keluarga selama perayaan Tet. Makanan wajib di antaranya adalah bnh chung (kue beras ketan segi empat), nem (lumpia goreng), gio cha (sosis Vietnam), gi cun (springroll khas Vietnam), ayam rebus utuh, sup, dan berbagai sayuran.

Setiap kota besar di Vietnam biasanya memusatkan perayaan Tet dan kembang api di taman kota, seperti Hanoi di Hoan Kiem Lake, Da Nang di Dragon Bridge, dan Ho Chi Minh City terkenal dengan festival bunga terbesar di sepanjang Jalan Nguyn Hu di Distrik 1.

Tahun ini Tet di Hanoi lebih sepi karena meningkatnya kasus Covid-19 di Vietnam. (foto: VN Express)
Tahun ini Tet di Hanoi lebih sepi karena meningkatnya kasus Covid-19 di Vietnam. (foto: VN Express)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x