Mohon tunggu...
Zulfa Rosdiana
Zulfa Rosdiana Mohon Tunggu... Lainnya - Yukss baca

Sukses berawal dari niat,usaha dan doa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengalaman Menggunakan Konvergensi Media

13 April 2021   09:23 Diperbarui: 13 April 2021   09:51 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Universitas Ahmad Dahlan

Yogyakarta-kemarin saya sudah berbagi terkait pengalaman saya menggunakan konvensional media dan media baru.kali ini saya akan bercerita sedikit pengalaman saya terkait dengan media konvergensi.

Apa itu media konvergensi? Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

Saya memiliki pengalaman dulu sebelum saya mengenal apa itu konvergensi media, saya pernah membaca kompas cetak yang mana dianggap sebagai harian berbasis kertas,seiring perkembangan teknologi   upaya penyesuaian diri yang dilakukan Kompas berhadapan dengan perkembangan teknologi informasi bisa dirunut jauh sekali ke belakang di akhir 1980-an ketika komputer dan internet masih menjadi barang baru di Indonesia.

kehadiran personal komputer pada pertengahan tahun 1980-an diyakini banyak kalangan sebagai pijakan baru bagi perkembangan berbagai inovasi media, kebudayaan, dan teknologi yang kemudian dikenal sebagai media baru (new media).

Pada pertengahan tahun 1980-an itulah, ketika komputer hadir untuk pertama kali di ruang redaksi Kompas, perubahan demi perubahan terus terjadi bahkan hingga kini.

Dan sekarang kompas.com bisa kita jumpai di platform lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun