Mohon tunggu...
Zulfa Putri
Zulfa Putri Mohon Tunggu... freelancer desain graphic

maju, semangat

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Gaya Baru Generasi Muda Perlu Financial Planning

21 Oktober 2020   09:42 Diperbarui: 21 Oktober 2020   09:59 36 2 0 Mohon Tunggu...

Bingung dengan dana yang banyak atau sedikit? Masih muda berpenghasilan pas-pasan? Ingin Keliling dunia? Dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya?

Saat para fresgraduate mencari kerja dan mendapatkan pekerjaan kalian pasti ingin menabung, investasi atau membelikan sesuatu yang kalian inginkan bukan? Sering kali kita merasa bahwa pendapatan kita tidak dapat mencukupi kebutuhan kita. Pertanyaannya adalah sampai kapan kita harus menjalani cara pengelolaan keuangan yang seperti ini terus? Sistem keuangan yang sering kita alami sebenarnya sangat ketinggalan zaman dan tidak sehat. Untuk mengatasi hal tersebut yang kita butuhkan adalah Financial Planning atau disebut Perencanaan Keuangan.

Financial Planning atau perencanaan keuangan membantumu membedakan mana kebutuhan utama, kebutuhan darurat dan kebutuhan tidak diinginkan atau masih bisa ditunda. Financial Planning sendiri berbeda dengan orang lain berdasarkan penghasilan individu sendiri serta tujuan apa yang ingin dicapai.

Financial Planning merupakan proses penyederhanaan pendapatan, pengeluaran, aset, dan berbagai kewajiban rumah tangga untuk mengatur kebutuhan di masa sekarang dan masa mendatang. Perlu dipahami bahwa financial planning merupakan proses yang terus berlanjut. Jika satu tujuan financial sudah tercapai, maka akan muncul tujuan lain yang lebih besar. Tidak hanya itu, tujuan financial juga cenderung berubah-ubah sesuai dengan kondisi financial seseorang.

Dalam sebuah financial planning, ada beberapa elemen yang terkandung di dalamnya. Elemen yang harus dipertimbangkan antara lain yaitu:

Tujuan financial yang ingin dicapai

Sebaiknya tuliskan tujuan financial sedetail mungkin agar kamu bisa menentukan langkah-langkah apa saja yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Jangka waktu yang dibutuhkan

Tentukan target waktu untuk mencapai tujuan yang sudah kamu tentukan di poin sebelumnya. Ini akan membuatmu semakin termotivasi.

Action plan

Sebuah rencana tidak akan lengkap jika tidak disertai dengan langkah-langkah konkrit. Tentukan Tindakan jangka pendek dan jangka pendek, secara jelas dan praktis. Pastika setiap langkah yang diambil membawamu lebih dekat pada tujuanmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x