Mohon tunggu...
Zulfan saputra
Zulfan saputra Mohon Tunggu... Guru - menulis agar tetap hidup

sedikit dari perjalanan perjalanan saya dan ide ide ringan saya

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pendakian Gunung Merbau Via Selo Beserta Retribusinya

18 November 2022   19:16 Diperbarui: 18 November 2022   19:24 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konon katanya merbabu adalah gunung terindah se Jawa Tengah, tapi ternyata sesampainya disana cukup membuat saya kecewa, kenapa tidak dari dulu saya kesini dan ternyata benar, gunungnya indah view nya bukan kaleng-kaleng. 

Waktu itu saya berangkat berenam dari jogja menuju Gunung Merbau Via Selo menuggunakan mobil. Jika dari jogja membutuhkan waktu kurang lebih 4,5 jam jika perjalanan lancar,kita mulai dari pukul 07.00 pagi  dan sampai basecampe sekitar pukul 10.00 saat itu hari Jumat jadi kami harus menunggu selesai Sholat Jumat baru bisa melakukan registrasi pendaftaran.

Sebelum mendaftar dan datang kelokasi bisa boking online terlebih dahulu jauh-jauh hari di halaman resminya pengelola merbabu untuk yang Via Selo ya, untuk jalur yang lain belum pernah. 

Jika sudah disana nanti ada pengecekan sampah, semua barang bawaan yang di bawa akan di data dan akan di serahkan ke pihak basecamp dan nantinya akan di cek ulang barang bawaan kamu saat kamu sudah turun dari Gunung Merbabu

Pastikan sebelum kamu turun kamu sudah megecek sampahmu seperti data yang kamu berikan ke pihak basecamp agar kamu tida terkena denda

Untuk retribusinya ada

  • Karcis masuk gunung  Taman Nasional Gunung Merbabu Rp 5000
  • Karcis Kegiatan  Penelusuran Hutan {tracking}, Mendaki Gunung {hiking-cilimbing} Rp 5000
  • Layanan Fasilitas Rp 15.000
  • Karcis Asuransi Pendakian Rp 2000

Kurang lebih sekitar Rp 27.000/orang, belum termasuk transport, uang makan dan uang parkir. Untuk gunungnya bersih dan terawat. 

Setiap 100 Meter ada penanda di pinggir jalan bertuliskan HM, Jadi jika kamu sudah berjalan sepanjang 500 Meter, kamu akan mendapati HM 5, bentuknya seperti batang yang ditanam berwarna oren.

Selain itu, kamu jika sebagai  ketua rombongan akan di bekali gelang penanda, yang bisa mendeteksi kamu sejauh mana kamu berjalan, ada semacam chips didalamnya, kamu juga akan di bekali skop portable yang kecil untuk menggali tanah saat kamu ingin buang air besar plus 2 tresbag . 

Untuk ketua rombongan atau salah satu anggota akan di mintai KTP untuk di tinggal dan akan di ambil kembali saat kamu sudah selesai cek sampah yang kamu bawa turun.

pastikan sampahmu lengkap seperti data yang kamu berikan sebelum mendaki, agar tidak terkena denda dan selamat menikmati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun