Mohon tunggu...
zulfa hifni
zulfa hifni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Merupakan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat

Saya ingin mulai menyampaikan pengalaman dan cerita saya melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sektor Informal Juga Perlu Kenal K3!

30 November 2021   14:10 Diperbarui: 30 November 2021   14:37 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Desa Banyumeneng (30/10/21) – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) BEM FKM Undip melakukkan kegiatan sosialisasi tentang pentingnya upaya K3 di Rumah Jamur. 

Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka kepada ibu-ibu anggota Kelompok Berkah Kesumo selaku produsen produk olahan jamur tiram yang produknya dipasarkan di Rumah Jamur. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan tentang Upaya K3 di Rumah Jamur dan menginformasikan tentang hal-hal yang bisa dilakukan dalam rangka menerapakan K3 di Rumah Jamur.

Rumah jamur merupakan tempat kuliner sebagai pusat penjualan dan pengolahan produk jamur tiram sebagai ciri khas Desa Banyumeneng. 

Rumah Jamur merupakan inovasi dari Tim PHP2D BEM FKM Undip yang bekerja sama dengan Bumdes, Kelompok Tani Jamur Tiram, Kelompok Berkah Kesumo, dan Karang Taruna dalam rangka memaksimalkan potensi alam jamur tiram yang ada di Desa Banyumeneng.

Rumah Jamur merupakan salah satu bentuk tempat kerja di sektor informal dimana di dalamnya juga memerlukan perhatian atas keselamatan dan kesehatan para pekerjanya. 

Maka dari itu, penting untuk dikenalkan apa itu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan aman dan selamat. Mengingat dimanapun kita berada, akan ada risiko bahaya yang perlu kita hadapi.

Salah satu anggota Tim PHP2D BEM FKM Undip, Zulfa Hifni Fajriyah, mengajak ibu-ibu anggota Kelompok Berkah Kesumo mengenal apa itu K3 dan contohnya terutama dalam kegiatan produksi produk olahan jamur tiram yang akan dipasarkan di Rumah Jamur.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Program ini dilakukan secara offline di rumah ketua Kelompok Berkah Kesumo, Ibu Rina Arofah. Kegiatan dimulai dengan pembagian modul dan penjelasan awal mengenai apa itu K3. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan