Mohon tunggu...
Zulfa Qurrota Ayun
Zulfa Qurrota Ayun Mohon Tunggu... Semangat !

Mahasiswi, Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Daring Tetap Beretika, Yuk Simak Beberapa Etika saat Kuliah Daring!

9 Maret 2021   18:12 Diperbarui: 9 Maret 2021   18:15 36 1 0 Mohon Tunggu...

Di Masa Pandemi Covid-19 ini banyak hal yang sudah kita lalui, sudah setahun lebih Covid -19 ini tak kunjung usai juga. Seiring berjalannya waktu kita menjadi terbiasa dengan kebiasaan baru. Kegiatan yang biasa kita lakukan secara offline, saat ini sudah lumrah dilakukan secara online / daring. Salah satunya yaitu kegiatan bersekolah.

Perkuliahan masih dilakukan secara daring. Walaupun memang sudah ada beberapa kampus yang sudah memulai secara offline dengan dibatasi kuota mahasiswa yang hadir dan standar protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya yaitu kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sudah ada beberapa fakultas yang menyediakan kuliah secara offline / tatap muka. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memberikan pelayanan yang maksimal dengan hadirnya MyKlass untuk membantu mahasiswa/i yang menjalankan kuliah secara online. Dan tentunya akan lebih aktual dalam pelaksanaan kuliah.

Kuliah daring masih menjadi rutinitas wajib bagi para mahasiswa/i, adapun beberapa etika yang harus dilakukan oleh mahasiswa/i saat melangsungkan kuliah secara daring, diantaranya sebelum mata kuliah berlangsung alangkah baiknya membaca terlebih dahulu terkait materi yang akan disampaikan oleh dosen, supaya nanti saat dosen menyampaikan materi kita bisa dengan mudah memahaminya dan langsung bertanya bagian yang belum paham.

Kemudian saat kuliah berlangsung sebisa mungkin tidak ada kegiatan yang mengganggu konsentrasi, jadi di jam tersebut hanya fokus pada kuliah. Lalu menyalakan kamera dan mencatat materi yang disampaikan. Yang terakhir apabila koneksi/jaringan di tempat tersebut buruk kemudian tidak bisa menyalakan kamera, sebaiknya izin terlebih dahulu kepada dosen untuk tidak menyalakan kamera.

Nah, berikut tadi adalah etika saat melangsungkan kuliah secara online / daring. Walaupun kita melakukan kuliah di rumah saja melalui jaringan online, tetapi etika tidak boleh kita lupakan. Karena dosen akan tetap memerhatikan sikap dan etika kita meski kuliah tidak berlangsung secara tatap muka. Dan itu juga akan menambah nilai lebih di depan para dosen.

Untuk itu dimana pun kita, baik secara offline maupun online etika menjadi satu hal yang wajib, karna itu mencerminkan diri kita dalam bersikap. Fajar Junaedi dalam bukunya Etika Komunikasi di Era Siber (2018) menyebutkan bahwa Etika memberikan peran penting kepada kita dalam orientasi kepada kita sebagai manusia untuk menjawab pertanyaan : "bagaimanakah saya harus hidup dan bertindak?". Maka dari itu etika sangatlah penting untuk sikap dan perilaku kita sebagai manusia.

Zulfa Qurrota A'yun, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

VIDEO PILIHAN