Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

4 Cara Mudah dalam Mencari Ide untuk Menulis Artikel

10 Agustus 2021   10:27 Diperbarui: 11 Agustus 2021   19:39 607 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
4 Cara Mudah dalam Mencari Ide untuk Menulis Artikel
Tips mencari ide untuk menulis di blog | Sumber: pexels/pixabay

Menulis merupakan kegiatan yang digemari oleh sebagian kalangan. Tidak hanya bagi yang berprofesi sebagai wartawan, menulis juga merupakan lapangan pekerjaan bagi para pekerja kreatif saat ini seperti pembuat novel, penulis artikel di situs-situs dan juga copywriter media sosial.

Pekerjaan menulis tidak hanya menulis layaknya menulis kegiatan sehari-hari atau kegiatan apa saja yang kamu lakukan saat liburan yang sering ditugaskan kepada anak sekolah dasar. Tapi menulis ialah kegiatan memberikan informasi ataupun menarik pembaca untuk mengetahui sebuah hal berguna yang kita tuangkan dalam sebuah tulisan. 

Perkembangan konten artikel dalam dunia digital

Seiring berjalannya waktu, seorang penulis semakin dibutuhkan apalagi dimasa berkembangnya dunia digital seperti saat ini. Semakin banyak wadah untuk menulis dalam dunia digital, tidak hanya situs-situs yang menyediakan penggunanya untuk berkreasi tapi juga dibutuhkannya penulis untuk mengisi konten dalam situs-situs perusahaan. 

Menulis artikel dalam sebuah situs akan membantu meningkatkan rating dari situs tersebut. Salah satu penilaian Google dalam memberikan penilaian ke sebuah situs ialah seberapa sering situs tersebut mengisi konten. 

Google akan lebih menyukai situs-situs yang kerap mengisi konten lebih sering. Semakin sering konten tersebut diisi, maka semakin banyak juga pengunjung yang datang untuk melihat dan membaca. 

Mencari ide menulis melalui situs-situs aggregator

Situs aggregator memudahkan penggunanya untuk dapat membaca konten atau berita terbaru. Beberapa contoh situs aggregator seperti BABE, LINE TODAY dan FEEDLY merupakan situs aggregator yang memungkinkan penggunanya membaca bermacam konten baru dari beberapa situs berbeda. 

Dengan menggunakan aggregator, pengguna tidak perlu berselancar ke banyak situs untuk mendapat artikel baru, pembaca hanya perlu datang ke salah satu situs aggregator tersebut dan membaca konten-konten baru.

Melalui aggregator ini, para penulis dapat mencari inspirasi untuk tulisan mereka. Tidak mesti harus sama dengan, tapi dengan kreativitasnya penulis dapat mencari sebuah ide tulisan yang akan mereka tuliskan dalam situs mereka. 

Mengikuti trend melalui Google Trends

Seperti yang kita ketahui sekarang, Google merupakan raksasa dalam dunia digital. Bermacam produk mereka luncurkan untuk memudahkan kegiatan kita saat berselancar. Salah satu yang dapat dimanfaatkan ialah Google Trends. 

Google trends membantu penulis mengetahui kata kunci dan tema apa saja yang sedang banyak dioogle trends tidak hanya menampilkan data di Indonesia saja tapi juga seluruh dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan