Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Bungkam Saigon Heat di Kertajaya, CLS Melaju ke Semifinal ABL 2018-2019

8 April 2019   17:41 Diperbarui: 9 April 2019   12:48 19 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK


                                                                                                                          (Source: youtube of IDN Hoops)

Gim ketiga laga playoffs antara BTN CLS Knights Surabaya menghadapai Saigon Heat masuk ke laga penentuan. Pemenang dari gim ini akan lanjut ke babak semifinal dan akan menghadapi Mono Vampires yang sudah menang langsung dua gim atas Formosa Dreamers. CLS lebih diuntungkan dalam laga playoff dengan hasil peringkat lebih baik selama reguler season, BTN CLS Knight mendapat jatah memainkan laga kandang dua kali. Di gim kedua CLS tertahan di Vietnam dan harus mengakui kemenangan Saigon Heat yang membuat mereka harus melakoni gim ketiga di Surabaya. Ambisi kedua tim untuk lanjut ke babak selanjutnya menjadi motivasi bagi kedua tim, namun sang tuan rumah BTN CLS Knights Surabaya sudah menyiapkan peluru ampuh untuk menjatuhkan sang lawan dikandang.

Gor Kertajaya sepertinya tidak ramah bagi Saigon Heat setidaknya dalam 2 pertemuan terakhir mereka harus pulang tertunduk atas hasil yang diperoleh. Masih ingat saat sebelum masuknya babak playoff, dimana Doug Herring mampu merubah hasil pertandingan dalam hitungan detik yang membuat Saigon Heat kalah dan gim pertama babak playoff mereka pun kembali kalah dengan selisih 25 angka, walau Saigon sempat membalas dikandang namun gim penentuan tetap miliki CLS.

Gin ketiga Saigon Heat tidak bermain dengan tempo yang cepat seperti di kandang mereka. Mereka bermain lebih sabar dalam menyerang dan banyak mencoba menusuk ke paint area CLS dengan mengandalkan kebugaran badan Kyle Baron dan De Angelo Hamilton. Saigon sempat memimpin 07-03 setelah tembakan 3 angka dan offensive rebound dari Trevon Hughes di awal kuarter pertama namun balasan tembakan 3 angka Brandon Jawato kembali meriuhkan suasana gor Kertajaya. 

Perlahan pertandingan mulai seimbang, kedua tim memanfaatkan setiap serangan yang dibangun dengan mencetak angka demi angka. 30 detik terakhir kuarter pertama Doug Herring menyumbang 3 angka dan membawa CLS unggul 21-16. Pada kuarter kedua CLS bermain lebih dominan dan berhasil unggul 10 poin atas Saigon saat memasuki menit ke 6 CLS berhasil memimpin dengan skor 29-19. Pada kuarter ini Saigon mencoba terus mengejar  perolehan point CLS dengan beberapa Kali Kyle Barone mendapat alley up dibawah ring, dan memperpendek jarak saat memasuki half time dengan skor 32-29. 

Steal dari Doug Herring kepada Trevon Hugher memberikan poin fast break yang diselesaikan oleh dunk dari Maxie Esho serta menjadi poin pembuka dikuarter ketiga. Bermain dengan aggresif akhir kuarter ketiga diselesaikan dengan angka 46-39 keunggulan untuk CLS. Masuk ke kuarter keempat, tembakan 2 angka Wong Wei Long menjadi pembuka skor CLS. Konsistensi permainan yang dilakukan oleh para pemain CLS tetap berkembang dikuarter empat yang membuat Saigon sulit mengejar perolehan skor CLS. 

Bertahan lebih ketat di kuarter keempat, Darryl Watkins akhirnya berhasil menghalau alley up yang dilakukan oleh Kyle Barone di sisa empat menit terakhir dan gor Kertajaya pun kembali riuh. Trevon Hughes sempet memasukan tembakan 3 angka di 30 detik terakhir namun Saigon tetap tidak mampu mengejar ketertinggalan mereka atas CLS setelah itu pertandingan pun usai dengan skor 68-58 untuk kemenangan BTN CLS Knights Surabaya dan berhak lolos ke semi final. 

Pada pertandingan penentuan ini The People MVP Maxie Esho yang bermain 40 menit mampu mencetak 20 poin dan 9 rebound lalu Doug Herring yang mencetak 18 poin berikut 4 assist, malam ini pun Doug Herring mencetak 3 dari 5 percobaan tembakan tiga angka. Malam yang mengesankan tidak hanya bagi para pemain dan offical tim tapi juga para suporter yang telah menyaksikan langsung laga penentuan ini. Bermain sangat konsisten membuat Saigon sulit menandingi kegemilangan permainan CLS dan CLS pun kembali unggul dengan selisih 10 angka.

Tanpa dirasa awal musim yang begitu berat harus mereka jalani sebelum menukar dua pemain asing mereka yaitu Montay Brandon dan Stephen Hurt yang dianggap kurang memberi angin untuk CLS. Perubahan sangat terlihat setelah mereka menukar dua pemain asing mereka dan mendapat Doug Herring dan Darryl Watkins yang bersama dengan Maxie Esho berhasil membawa BTN CLS Knights hingga ke semifinal. Di musim kedua keikutsertaan CLS di liga basket tertinggi di ASEAN ini mereka berhasil mencapai babak semifinal yang dimusim sebelumnya tidak berhasil lolos ke zona playoff. 

Pada babak semifinal BTN CLS Knights Surabaya sudah ditunggu oleh Mono Vampire yang telah mengalahkan sang pemuncak klaseman musim reguler Formosa Dreamer dengan 2 gim langsung. Gim pertama semifinal akan dimainkan pada tanggal 21 April mendatang di gor Kertajaya. Semifinal ini masih menggunakan sistem best of 3 jadi apabila diperlukan gim ketiga pertandingan penentuan akan kembali ke Surabaya. 

Di sisi lain semi final mempertemukan Singapore Slinger yang juga harus bermain tiga gim sebelum masuk ke semi final mengkandaskan perlawanan Black Bears Macau dengan 2-1 akan menghadapi Eastern Hongkong yang mampu mengalahkan sang juara bertahan musim lalu Alab Philipinas juga dengan dua gim langsung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan