Mohon tunggu...
Zulkipli Lombok
Zulkipli Lombok Mohon Tunggu... Bersama teman terbaik menghasilkan tim terbaik

Bermanfaat untuk semua

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Cara Membuat SIM Internasional

29 Februari 2020   14:13 Diperbarui: 29 Februari 2020   14:12 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Membuat SIM Internasional
Dok. pribadi


Begini cara Membuat SIM Internasional dengan Mudah 

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi memberlakukan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) internasional secara online. Dengan sistem baru ini, diharapkan bisa memperluas area bebas korupsi di tubuh Polri, karena mengurangi kontak pembayaran langsung antara polisi dan masyarakat.

Adanya sistem online ini diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Serta efisiensi waktu bisa diberikan kepada para pemohon SIM.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso, untuk Masyarakat di luar Jakarta. Pengurusannya tetap mudah dengan hanya cukup melakukan registrasi secara online. " bisa daftar dari rumah, dari mana saja. Mudah pokoknya. Setelah registrasi, cek tanggal saat registrasi, silahkan ke Korlantas di Jakarta. Tinggal di verifikasi lalu foto dan cetak" jelas pak Amin pada Sabtu (29/2) ke media. 

Persyaratan pembuatan SIM internasional online pun tak berbeda dengan pembuatan secara langsung di gerai. Misalnya membutuhkan KTP asli, SIM lokal, Parpor dan lain sebagainya.

Berikut tata cara membuat SIM internasional online:

1. Pemohon mengakses website resmi Korlantas, www.korlantas.polri.go.id kemudian pilih menu pembuatan SIM internasional.

2. Mengisi formulir pendaftaran online. Berupa data diri sesuai KTP, nomor SIM lokal, golongan SIM yang akan dibuat, memilih gerai SIM internasional, hingga mengisi tanggal kedatangan pemohon ke gerai.

3. Unduh dan cetak bukti registrasi online.

4. Melakukan pembayaran via bank BRI, bisa melalui mobile banking, maupun mesin ATM.

5. Datangi Gerai SIM Internasional pada tanggal yang dipilih dengan membawa serta semua berkas persyaratan dan bukti registrasi online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN