Mohon tunggu...
Zuhrah Machy
Zuhrah Machy Mohon Tunggu... Dosen - Membangun peradaban ilmu dengan Menulis

Pisces

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Puasa untuk Kesehatan

15 April 2021   13:23 Diperbarui: 15 April 2021   13:33 106 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puasa untuk Kesehatan
6abc.com ›

Bila melihat dari sudut pandang Agama, maka Agama memiliki kebiasaan berpuasa masing-masing. Tetapi puasa terlama yang dilaksanakan oleh semua agama adalah Islam. 

Jika bulan Ramadhan tiba maka puasa adalah kewajiban bagi semua ummat yang sudah baligh, kecuali yang punya uzur seperti lansia tetapi tetap harus membayar fidyah sebagai ganti puasa yakni memberi makan fakir miskin sesuai dengan porsi makanan kita sehari-hari. 

Puasa tidak hanya menahan lapar tanpa arti, Islam menganjurkan puasa juga untuk kesehatan jasmani. Istilah kendaraannya adalah turun mesin.

 Dimana selama sebelas bulan kita mengonsumsi makanan tanpa henti tiga kali sehari makan berat dan makanan lain yang tidak terjamin higienisnya seperti makanan berminyak, santan, dan lain sebagainya. Puasa adalah proses detoksifikasi ampas-ampas makanan yang kita makan selama ini untuk dikeluarkan dari tubuh kita. 

Puasa mengajarkan kita untuk ontime dalam waktu makan. sahur diwaktu tengah malam dan berbuka saat magrib. Tetapi dengan tetap memperhatikan jenis makanan yang akan masuk ke perut. Apabila berbuka dianjurkan meminum air hangat biar usus kita tidak kaget dengan kondisi dingin dan berbuka dengan yang manis-manis untuk menambah energi.

Bagi yang mau diet, bisa dengan jalan berpuasa. Puasa bukan dijadikan ajang balas dendam bila berbuka tiba, karena niat diet tadi tidak akan terwujud. Karena biasanya banyak yang makan dengan ajang balas dendam sehingga bukan sehat yang kita dapat tapi sebaliknya. Apabila makan yang berlebih membuat kita tidak enak perut dan lain sebagainya. Islam tidak mengajarkan untuk segala sesuatu yang berlebihan. Hendaknya bila ada makanan yang lebih untuk dibagi ke tetangga atau yang lebih membutuhkan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN