Mohon tunggu...
Nuruz Zuhdiyah
Nuruz Zuhdiyah Mohon Tunggu... mahasiswa

be patient

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Peran Filsafat Ilmu bagi Etika Moral Masyarakat

15 Desember 2019   21:55 Diperbarui: 15 Desember 2019   22:00 12 0 0 Mohon Tunggu...

Peran filsafat ilmu bagi etika moral masyarakat

Filsafat ilmu sangat berperan dalam mencakup nilai- nilai dalam beretika. Dalam filsafat terdpat perbedaan anatara etika dengan moral. Etika merupakan penilaian baik atau buruk anatar hubungan manusia. sedangkan moral lebih condong ke pada tindakan atau perbuatan yang sedang nilai, jadi etika merupakan cabang filsafat yang membahas tentang nilai (moral) yang berlaku dikehidupan bermasyarakat.

Etika dibagai menjadi 2 dianataranya yaitu:

  • Etika deskriptif yaitu proses ajaran moral yang berlaku yang membahas masalah baik atau  buruk tindakan manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Etika normatif yaitu kajian terhadap ajaran norma baik atau buruk sebagai salah satu fakta. Etika normatif dibagi menjadi menjadi 2 dianataranya yaitu etika umum dan khusus.

Penialian hanya ditujukan pada manusia yang sudah berakal dan mempunyai kesadaran. Dalam artian tidak gila serta hilang ingatan yang menyebabkan tidak mempunyai keadaran. Manusia yang dimaksud bisa menilai dengan kriteria tidak dikenai tanggung jawab atas segala tindakannya, kalau dikenai tindakan maka harus disesuaikan dengan taraf kesadarannya.

Ada hubungan yang sangat erat antara filsafat ilmu dengan etika karena ilmu sebagai bidang yang otonom tidak bebas dinilai. Nilai-nilai etika selalu berkaitan terutama dalam penerapan ilmu. Etika memberikan arahan bagi proses terjadinya ilmu, sehingga membawa kemanfaatan bagi manusia agar dapat hidup  bermasyarakat dengan baik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x