Mohon tunggu...
zubaidah wiriyanti
zubaidah wiriyanti Mohon Tunggu... Pemula

Smkn 37 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dahulu Sebagai Ritual dan Terus Dimainkan

14 Agustus 2020   15:09 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:13 3 0 0 Mohon Tunggu...

"BONEKA"

Siapa sih yang gak punya boneka pasti kita semua pernah punya, mulai dari yang berbentuk manusia dan hewan yang dahulu ketika kecil kita suka pegang dan mainkan bersama teman, tapi apa kalian tau awal mula dari boneka yukkk kita simak.

Boneka dahulu dibuat dari bahan yang sederhana tanah liat, batang pohon, batu dan Tulang juga kulit hewan.

Dahulu boneka digunakan untuk acara ritual dan keagamaan, saat abad ke-21 SM di makam makam Mesir kuno biasanya sering ditemukan terutama di makam anak kecil. Dikatakan bahwa boneka itu untuk menemani dan membantu pekerjaan mereka serta menghibur. Wah gak kebayang ya gemana kalo boneka itu tiba-tiba muncul dari bawah tanah tapi kita harus tetap menghargai adat istiadat orang Mesir kuno. Dahulu gadis Yunani dan romawi mempersiapkan boneka saat mereka akan menikah dan mempersembahkannya untuk seorang dewi.

Boneka mulai diperkenalkan sebagai mainan pada abad ke 10 masehi. Boneka sekarang pun banyak jenisnya dan tambahanya seperti perabotan, kasur dan lainnya untuk melengkapi bermain bersama boneka. Boneka modern saat ini mulai dibuat di Jerman pada abad ke 15 M, yang bahannya bukan lagi dari tanah ataupun kayu tapi dari plastik dengan pernak pernik dan warna yang cantik.

Setelah boneka berkembang disetiap negara pun punya boneka khas nya tersendiri seperti boneka tentara Inggris. Sejak saat itu boneka pun bukannya hanya sebagai mainan tapi juga koleksi. Nah bagaimana sudah tahu kan sejarah boneka kita suka memainkan nya tapi kita terkadang tidak tahu sejarah dari boneka. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x