Mohon tunggu...
Zahra Muthiah
Zahra Muthiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hanya sekedar berbagi

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Gambar Digital

5 Maret 2021   07:00 Diperbarui: 5 Maret 2021   16:15 1607
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dengan berkembangnya teknologi kini kita bisa menemukan banyak sekali aplikasi aplikasi yang memudahkan pekerjaan kita sehari hari atau memudahkan kita untuk melakukan hobi-hobi kita, bermain games, menulis, menggambar, dan sebagainya. Sebagai pemilik hobi menggambar dan manusia yang sedikit malas untuk bergerak mencari alat alat gambar, aplikasi gambar digital ini sangat membantu saya untuk menggambar.

Namanya juga teknologi, tak mudah menemukan kenyamanan menggunakannya. Sayapun beberapa tahun terakhir ini mencari cari aplikasi ternyaman bagi saya untuk menggambar. Setelah berganti ganti device, perangkat, beberapa aplikasi akhirnya saya menemukan kenyamanan yang saya cari dalam menggambar pada beberapa aplikasi.

Dalam tulisan pertama saya ini, saya ingin berbagi aplikasi aplikasi apa yang saya sukai dalam menggambar digital. Semoga pegalaman saya ini bisa membantu para pembaca yang sedang bingung mencari aplikasi gambar digital. Disclaimer, ini hanya sesuai dengan pengalaman saya dan saya bukanlah professional dalam menggambar digital, saya hanyalah hobi dalam menggambar.

1. Sketchbook


Aplikasi pertama yang saya coba ketika saya memutuskan mencoba aplikasi gambar digital.  Aplikasi ini bisa dinikmati secara gratis di Android dan di IOS. Aplikasi ini bisa saya sebut memenuhi dasar kebutuhan menggambar digital. Ia memiliki banyak pilihan brush, sangat memudahkan dalam pemilihan warna, dapat menggunakan banyak layer dan masih banyak lagi. Sebagaimana namanya, Sketcbook ini sangat nyaman digunakan untuk membuat sketsa dengan fitur pensilnya.

Salah satu yang paling saya suka dalam aplikasi ini adalah fitur Predictive Stroke, fitur yang ini sangat membantu untuk menggambar di layar kecil seperti Hp dan menggunakan jari. Menggambar menggunakan jari di layar kecil sangatlah susah dan dengan ini memudahkan kita agar menggambar dapat lebih rapih. Tak hanya fitur Predictive Stroke aplikasi ini banyak memberi kemudahan lain seperti fitur Symmetry, Perspective Guide, Time Lapse, dan yang lainnya. Dan dengan banyaknya fitur yang dimiliki Skecthbook tak mengurangi kesederhanaan tampilan aplikasinya, dan membuat saya sebagai pengguna tak merasa ribet dan kesulitan.

Hasil gambar dengan Sketchbook
Hasil gambar dengan Sketchbook


2. Medibang Paint


Setelah Aplikasi Skecthbook, saya penasaran dengan aplikasi yang sering disebut teman saya sesama berhobi gambar yaitu aplikasi Medibang Paint ini. Setelah menggunakannya saya cukup senang dengan semua fitur yang disediakan di aplikasi ini. Brush yang tersedia disinipun tak kalah banyak aplikasi Sketchbook dan yang terpenting layer-nyapun tak terbatas. Salah satu yang menyenangkan untuk semua orang adalah aplikasi ini tersedia gratis di Android dan IOS.

Sayapun tak heran kalau aplikasi ini sering digunakan para komikus untuk menggambar, karena salah satu kelebihan yang dimiliki Aplikasi Medibang ini adalah tersedianya fitur panel untuk menggambar komik. Hanya saja bagi saya belum terlalu penting karena saya bukan komikus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun