Mohon tunggu...
Zilyanadelia WVN
Zilyanadelia WVN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Zilyanadelia Wahyu Veronellita Nurdin

Halo, selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Untuk Apa Menilai Perkembangan Sosial Emosional Anak?

11 Desember 2022   20:17 Diperbarui: 11 Desember 2022   20:20 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengapa kita perlu belajar tentang perkembangan sosial emosional? Seperti yang teman-teman tahu, mempelajari perkembangan sosial emosional ini gunanya agar tahu bagaimana anak mulai memahami siapa mereka, mengetahui apa yang mereka rasakan, dan yang mereka ekspetasikan atau harapkan ketika berinteraksi dengan orang lain atau lingkungannya. Harapannya yaitu dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional ini di ranah yang dapat membentuk hubungan yang positif, pengalaman positif, mengatur atau mengelola, dan bebas mengekspresikan emosinya.

Dalam regulasi emosi yakni bagaimana cara kita meregulasi atau mengendalikan emosi. Nah, apakah teman-teman tahu apa yang dikendalikan dalam regulasi yakni ada perilaku atau berperilaku sesuai dengan aturan sosial atau moral, kemudian ada juga feeling atau memahami emosi orang lain dan dapat mengontrol emosi diri, dan yang terakhir terdapat thinking atau meregulasi pikiran dan perhatian. Jadi, yang dinilai dalam perkembangan sosial emosional adalah tiga hal tadi.

Dalam pembelajaran sosial emosional anak terdapat 4 bagian yakni:

  • Self Awarness, memahami acting, feeling, dan thingking pada diri sendiri.
  • Social Awarness, memahami kondisi lingkungan sekitar.
  • Self Management, dapat mengontrol diri sendiri dalam lingkup sosial.
  • Relationship Skill, dapat menciptakan hubungan dengan orang lain.
  • Responsible Decision Making, dapat mengambil keputusan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Lalu, untuk apa kita harus menilai perkembangan sosial emosional anak?

Alasan mengapa kita harus menilai perkembangan sosial emosional anak yakni memastikan ketepatan perkembangan sesuai STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) walaupun tidak sepenuhnya terpenuhi tetapi minimal sebagian besar sudah sesuai dengan STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak). Selain itu juga mengidentifikasi permasalahan yang ada pada anak, misalnya apakah anak ini mengalami tantrum, speech delay, atau autisme, dan permasalahan lainnya. Kemudian menginformasikan perencanaan tratment, dan mengevaluasi kualitas atau program pembelajaran.

Mengevaluasi perkembangan sosial emosional anak merupakan hal yang tidak mudah, terdapat tantangan yang menyusun dan mengukur program peerkembangan sosial emosional, diantaranya:

  • Perkembangan sosial emosional ini terdiri dari beberapa bentuk yakni dipengaruhi oleh budaya, status ekonomi, status sosial, dan sebagainya. Oleh sebab itu, untuk memilih program pembelajaran dan alat ukur yang tepat dalam mengukur perkembangan merupakan hal yang sangat penting.
  • Bagi anak usia dini banyak hal-hal yang didasarkan pada penilaian subjektif orang dewasa. Oleh sebab itu, untuk mempertimbangkan hasil pengukuran tersebut ditafsirkan, dilaporkan, dan digunakan sebagai dasal dalam pengambilan keputusan merupakan yang sangat penting pula.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun