Mohon tunggu...
Ziki Asa Nadhovani
Ziki Asa Nadhovani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hobi dengan musik terutama K-POP, EDM. Juga bermain Game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Rekomendasi Pengganti Aplikasi Bawaan Android

21 April 2021   02:56 Diperbarui: 21 April 2021   03:13 101 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rekomendasi Pengganti Aplikasi Bawaan Android
Sumber: Kompas.com

Bosan dengan aplikasi yang gitu-gitu aja? atau butuh aplikasi yang banyak fiturnya? atau aplikasi bawaan yang banyak iklannya? Di sini, saya ingin membagi pengalaman mengenai aplikasi android yang bisa mengganti aplikasi bawaan smartphone anda! Selamat membaca!

Microsoft Launcher

Sumber: Google Play Store
Sumber: Google Play Store

Yang pertama adalah Microsoft Launcher. Ya, sesuai nama aplikasinya ini adalah sebuah aplikasi android besutan Microsoft Corporation. Aplikasi ini bisa mengganti launcher atau tampilan homescreen smartphone bawaan anda. Microsoft Launcher merupakan aplikasi yang gratis dan cukup ringan untuk digunakan. Menurut saya aplikasi ini sangat berguna apalagi ketika Anda juga menggunakan laptop yang menjalankan Windows 10 sebagai sistem operasi utama karena fitur Sticky Notes bisa sinkron dengan Microsoft Launcher. Anda tinggal login di Microsoft Launcher dan juga Sticky Notes, lalu catatan yang anda simpan akan saling terkoneksi.

Google Messages

Sumber: Google Play Store
Sumber: Google Play Store

Aplikasi selanjutnya yaitu Google Messages yang merupakan pengganti dari aplikasi pesan bawaan, keluaran Google LLC. Mengapa perlu diganti? Dengan tampilan yang minimalis, Google Messages memberikan fitur yang cukup banyak tetapi masih ringan. 

Aplikasi ini menawarkan pengguna android untuk bisa mengirim pesan menggunakan koneksi data atau Wi-Fi, proteksi pesan yang berpotensi spam, dan bisa mengirim pesan lewat laptop atau komputer seperti Whatsapp. Cukup dengan mengakses messages.google.com dan men-scan QR Code yang ditampilkan, maka langsung bisa menggunakan dengan mudah. 

Solid Explorer File Manager

Sumber: Google Play Store
Sumber: Google Play Store

Yang ketiga adalah Solid Explorer File Manager. Sebuah aplikasi manajer fail buatan NeatBytes ini memberikan fitur yang tidak sedikit, salah satunya adalah fitur dual pane layout. Fitur ini bisa menampilkan dua folder yang berbeda sekaligus di satu layar dengan cara memutar android Anda ke mode landscape. Ketika berada pada mode portrait, Solid Explorer juga masih memberikan fitur tersebut dengan cara menggeser layar ke arah kiri atau kanan. 

Selain itu, dengan Solid Explorer bisa dengan mudah mengakses penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, Mega, dan lainnya. Tidak cuma itu aplikasi ini mendukung koneksi NAS (Network Attached Storage), FTP (File Transfer Protocol), dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Files by Google

Sumber: Google Play Store
Sumber: Google Play Store

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN