Mohon tunggu...
Ziha NailusShofa
Ziha NailusShofa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Sastra Inggris

Follow your own rules

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apakah Pancasila Masih Relevan di Masa Sekarang?

18 September 2021   16:44 Diperbarui: 18 September 2021   16:48 395 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apakah Pancasila Masih Relevan di Masa Sekarang?
images-6145b5e006310e04ed3fbc42.png

Dosen Pengampu : Dr. Ira Alia Maerani, S.H.,M.H.

Penulis : Ziha Nailus Shofa (Mahasiswi Sastra Inggris, FBIK, Unissula) 

Seperti yang kita semua ketahui sebelumnya bahwa Pancasila adalah dasar negara dan juga mempunyai kedudukan yang tinggi untuk negara kita. Pancasila sebagai Ideologi Negara meupakan tujuan bersama Bangsa Indonesia yang diimplementasikan dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur secara material dan spiritual. 

Di era modern seperti sekarang ini banyak yang bertanya-tanya tentang apakah Pancasila masih ada relevansinya sebagai Ideologi Negara? Serta apakah fungsi Pancasila sebagai sumber tata tertib hukum Republik Indonesia yang mana pandangan hidup, kesadaran, cita-cita hukum, dan cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan serta watak Bangsa Indonesia. 

Menurut pandangan dan pendapat saya, Pancasila sebagai ideologi negara masih sangat relevan di era modern atau bisa kita sebut sebagai era globalisasi. Karena Pancasila adalah ideologi yang terbuka terhadap semua aspek dan di segala era. Pun bergerak dinamis mengikuti zaman tinggal menyesuaikan dengan keadaan yang sekarang tanpa harus mengurangi atau bahkan menghilangkan nilai-nilai dasar yang sudah melekat di Pancasila. 

Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat penting agar rasa nasionalisme dalam tubuh kita tumbuh dan juga mampu menyaring budaya luar yang masuk ke dalam negara kita. 

Sebagai rakyat Indonesia kita semua memiliki peran yang penting dalam menjaga dan mempertahankan relevansi Pancasila untuk negara kita. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan