Mohon tunggu...
Ziendy Zizaziany
Ziendy Zizaziany Mohon Tunggu... Penulis

Ziendy Aksara Pandita, dengan nama itu aku merajut kata menjadi lembaran sederhana. Karya: Novel Pendaki Malam, Lembaran Yang Berbicara, Bunda Aku Cinta Anakmu, Antara Kita dengan; Tuhan, Terkunci Serial Cinta Yang Mendewasakan, Anjelica, Lalakon Isvara: Anak Manusia, BROKEN At Home, Terroris Son, Buku Ini Berisi Candu, dan Seharusnya Lo Hidup Begini

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Tips dan Cara Menabung 10 Juta Pertama serta Investasi yang Cocok bagi Pemula

10 Juni 2021   00:24 Diperbarui: 10 Juni 2021   01:10 167 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips dan Cara Menabung 10 Juta Pertama serta Investasi yang Cocok bagi Pemula
Sumber: blog.amartha.com

Ketidakpastian ekonomi saat ini menyebabkan umat manusia larut dalam kegelisahan untuk memenuhi kebutuhan hidup di hari ini, hari esok dan seterusnya. Kebimbangan pun tak luput menghantui benak mereka yang tidak memiliki dana darurat serta aset investasi sebagai jaminan hidup maupun solusi yang dapat diandalkan untuk menghadapi kondisi yang terjadi. 

Maka dari itu, penulis akan membagikan tips dan cara menabung 10 juta pertama serta investasi yang cocok bagi pemula agar dapat menjadi solusi keuangan dalam keadaan seperti ini.

Namun, perlu diingat bahwa tips dan cara menabung 10 juta pertama serta investasi yang cocok bagi pemula ini bukanlah berasal dari pendapat profesional seorang penasihat keuangan, pembaca diharap tidak menelan mentah-mentah serta mengkaji ulang apa yang penulis sampaikan.

Investasi tidak diperuntukan bagi pemula maupun profesional, investasi diperuntukan untuk semua pihak yang memiliki kesadaran akan pentingnya nilai suatu aset di masa yang akan datang. 

Dalam hal ini, masa yang akan datang tentu saja tidak selamanya cerah, namun juga tidak selamanya suram. Tidak ada yang tau soal itu. Tetapi kita dapat membuat suatu penanganan sebagai solusi ketika masa yang suram benar-benar terjadi, tabungan dan aset investasi yang kita miliki akan bekerja dengan baik untuk membantu menanganinya tergantung jumlah ketersediaan yang kita miliki. 

Berbicara soal jumlah, bagaimana tips dan cara menabung 10 juta pertama? 

1. Bagi Pendapatan Anda

Terutama untuk karyawan atau buruh yang memiliki gaji UMR atau justru di bawah UMR akan merasa kebingungan dalam membagi pendapatan mereka untuk memenuhi kebutuhan serta tabungan investasi masa depan nanti. 

Maka tak heran, tidak sedikit orang justru membagi terlalu banyak pendapatannya untuk menabung dan berinvestasi dibandingkan pemenuhan kebutuhan mereka yang urgent keberadaanya. Meskipun memiliki kesan yang positif, hal itu justru sangat tidak baik untuk kesehatan keuangan kita sendiri. Sebaliknya, jika terlalu kecil  dalam membagi pendapatan untuk menabung dan berinvestasi, kita akan memiliki sedikit daya untuk keluar dari permasalahan ekonomi di masa yang akan datang.

Idealnya, pembagian gaji yang kita dapat untuk menabung dan berinvestasi adalah 45% dari pendapatan pokok. Dimana pembagian tersebut meliputi 30% tabungan---jangan berkecil hati dan patah akan semangat, jika setelah ini Anda menghitung 30% pendapatan Anda sangat kecil nominalnya, ingat kita hanya membutuhkan empat tahun untuk menabung 10 juta pertama jika 30% tersebut bernilai Rp, 500.000. Waktu yang cukup sebentar, itu tidak akan terasa berat jika kita mencintai prosesnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN