Mohon tunggu...
Ziendy Zizaziany
Ziendy Zizaziany Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Ziendy Aksara Pandita, dengan nama itu aku merajut kata menjadi lembaran sederhana. Karya: Novel Pendaki Malam, Lembaran Yang Berbicara, Bunda Aku Cinta Anakmu, Antara Kita dengan; Tuhan, Terkunci Serial Cinta Yang Mendewasakan, Anjelica, Lalakon Isvara: Anak Manusia, BROKEN At Home, Terroris Son, Buku Ini Berisi Candu, dan Seharusnya Lo Hidup Begini

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Lima Aset Kripto yang Wajib Dimiliki Saat Ini

1 Juni 2021   07:33 Diperbarui: 1 Juni 2021   07:59 209 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Aset Kripto yang Wajib Dimiliki Saat Ini
firstpost.com

Dunia kripto memang selalu memulai babak baru setelah perhelatan laga final telah usai. Pada finalnya, Bitcoin berhasil mencetak All Time High (ATH) baru di angka Rp, 926 juta, namun kemudian mengalami overbought dan longsor ke angka Rp, 540 jutaan. Suatu siklus yang wajar dalam dunia kripto, karena setiap koin yang mencetak ATH, maka akan ada PR baru baginya untuk mencapai ATH itu kembali dan melampauinya.

Melalui analisa teknikal dengan time frame 1 tahun, Bitcoin sebenarnya tidak mengalami tren penurunan, melainkan sebaliknya; sedang mengalami tren kenaikan. Orang-orang berteriak panik, hal itu wajar, karena belakangan ini, banyak sekali orang yang masuk dunia kripto dengan coba-coba.

Padahal, perdagangan kripto memiliki fluktuasi tinggi, akan tetapi jika saja setiap orang yang ingin ke dalam dunia kripto sudah lebih dulu memahami siklusnya  malah akan menghasilkan peluang besar untuk mendulang rupiah.

Seperti yang kita tahu, harga Bitcoin sudah begitu tinggi, apakah terlambat untuk berpartisipasi ke dalam perdagangan aset yang satu ini?

Jika melihat supply and demand Bitcoin, maka tidak ada kata terlambat untuk menjemput peluang. Akan tetapi aset kripto bukanlah persoalan Bitcoin saja. Banyak sekali aset kripto yang masih undervalue untuk dijadikan aset di masa depan.

Namun, tentu saja untuk menentukan koin mana yang akan menjadi pilihan investasi bukanlah perkara mudah. Sama halnya seperti saham, kita harus mengetahui fundamental aset yang akan menjadi sasaran investasi. Selain itu, kita harus mengenal aset itu sendiri, karena dalam dunia kripto, dibutuhkan kepercayaan. Kepercayaan itulah yang kemudian menentukan harga aset kripto yang kita miliki.

Mungkin tidak mudah untuk melihat fundamental suatu aset kripto, serta mustahil bagi seseorang menentukan fundamental suatu aset kripto hanya dari sekilas mata. Karena dalam mencapai kepercayaan dibutuhkan pengenalan yang lebih dalam.

Cara menilai fundamental yang paling mudah adalah membaca whitepaper suatu aset kripto; pelajari apa yang akan mereka kerjakan, kita juga perlu melihat roadmap dan membandingkannya; apakah berjalan dengan sempurna? Jika iya, maka timnya bekerja dengan baik, sekarang adalah waktunya membandingan temuan yang kita dapatkan dengan sumber lain. Apakah orang lain berpendapat sama atau justru tidak?

Pendapat setiap orang bukan akan berbeda, maka dari itu jangan sampai salah bertanya. Bertanyalah pada orang yang sudah mendalami dunia kripto sejak lama.

Langkah terakhir, masuk ke dalam komunitas aset yang akan kita miliki, baik itu Telegram, Reddit, Twitter, dan Medium mereka. Kemudian simaklah, seberapa kuat komunitas itu sendiri. Komunitas yang kuat biasanya akan merecorvery dengan cepat ketika harga ada terbanting ke bawah.

Kini, tinggal memilih aset kripto yang  mana akan kita pilih?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN