Mohon tunggu...
Nada Febriani
Nada Febriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa aktif Pendidikan Bahasa Jerman. Antusias akan dunia literasi dan bermotivasi tinggi dalam mengembangkan kemampuan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Bye Bye Plastik!, Pelaksanaan Workshop Melukis Kanvas sebagai Upaya Mengurangi Sampah Plastik di Kelurahan Antapani Kulon

9 Agustus 2022   05:28 Diperbarui: 9 Agustus 2022   05:50 110 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama anak-anak Kelurahan Antapani Kulon/Dokumentasi pribadi

 

Bandung, 7 Agustus 2022 -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada Semester Genap tahun ajaran 2021/2022. 

Tujuan dari kegiatan KKN Tematik ini agar mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar mendekatkan diri dan memberikan perubahan kepada masyarakat serta melatih mahasiswa untuk mengidentifikasi permasalahan dengan mencari solusi yang ditemukan selama kegiatan berlangsung di lapangan. Berdasarkan pada tujuan maka KKN Tematik UPI kali ini difokuskan pada tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa.

Program SDG's Desa ini adalah bentuk modifikasi dari konsep SDG's global yang dicetuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 25 September 2015. Perbedaannya terletak pada jumlah program, SDG's global memiliki 17 poin utama, sedangkan SDG's Desa mengajukan 18 pokok program yang merujuk pada kearifan lokal. 

Untuk dapat memenuhi semua program yang ada di dalam SDG's Desa, maka LPPM UPI mengelompokan mahasiswa sesuai dengan program yang ada dan mahasiswa KKN Kelompok 59 mendapatkan konsentrasi masalah pada poin 12 yaitu Konsumsi dan Produksi Desa yang bertanggung jawab. 

Untuk mencapai tujuan program tersebut maka Mahasiswa KKN Kelompok 59 mengadakan Workshop Melukis Kanvas sebagai bentuk upaya kita mengurangi sampah plastik

Pematerian mengenai bahaya sampah plastik/Dokumentasi pribadi
Pematerian mengenai bahaya sampah plastik/Dokumentasi pribadi

Kegiatan Workshop Melukis Kanvas ini dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 di  Kelurahan Antapani Kulon. Para peserta dikhususkan untuk anak-anak dengan rentang usia 10- 15 tahun. Hal ini bertujuan agar pemahaman mengenai sampah plastik ini dapat diketahui sejak dini. 

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi mengenai penjelasan apa itu sampah, jenis-jenis sampah dan tempat sampah, dampak dari sampah plastik terhadap lingkungan dan upaya yang bisa dilakukan agar masyarakat dapat mengganti penggunaan plastik. Salah satunya dengan menggunakan tas kain atau totebag. 

Kegiatan Melukis Kanvas/Dokumentasi pribadi
Kegiatan Melukis Kanvas/Dokumentasi pribadi

Kegiatan Melukis Kanvas/Dokumentasi pribadi
Kegiatan Melukis Kanvas/Dokumentasi pribadi

 Dalam pelaksanaannya setiap peserta mendapatkan satu totebag kanvas yang nantinya akan mereka hias sekreatif mungkin sesuai dengan tema yang telah ditentukan yaitu lingkungan dan kemerdekaan. Antusiasme peserta dapat dilihat dari keseriusan mereka dalam melukis di kanvas dan ketika menyimak pematerian. Kegiatan Workshop ini diharapkan dapat membangun kesadaran anak-anak sejak dini tentang pentingnya mengurangi sampah plastik dan pentingnya menjaga lingkungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan