Mohon tunggu...
Sosbud

Kesan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

10 April 2017   00:06 Diperbarui: 10 April 2017   00:28 1456 0 0 Mohon Tunggu...

Belajar sejarah, mengenai hal ini saya katakan bahwa belajar sejarah itu sangatlah penting, karena banyak hal yang terjadi dimasa lampau dan banyak hal-hal positif yang dapat kita ambil sebagai pelajaran dan diterapkan dimasa sekarang, misal dalam kehidupan sehari-hari, dikampus,dan dimanapun kita berada, karena kita juga tidak lepas dari yang namanya sejarah. Karena dalam diri kita sendiri juga terdapat sejarah.

Ir. Soekarno (Presiden RI yang pertama) pernah berkata, bahwasannya “suatu negara akan hancur apabila rakyatnya tidak mengetahui sejarah peradaban negaranya”. Mengingat bahwa yang saya pelajari adalah Sejarah Kebudayaan Islam, kesan saya yaitu sangat menyenangkan belajar SKI karena selain mempelajari sejarah, di dalam SKI juga terdapat nilai-nilai yang islami yang dapat kita ambil pelajarannya dan diterapkan dimasa sekarang. Dan banyak pula bekas-bekas peradaban yang sampai saat ini masih ada dan sebagai bukti bahwa sejarah pernah benar-benar terjadi.

Belajar sejarah kali ini sangat berbeda dengan belajar waktu di SMA, maupun SMP, karena dulu belajar sejarah hanya terpaku kepada guru yang sedang mengajar, berbeda dengan belajar saat ini yang setiap mahasiswanya dibagi kelompok, lalu mencari referensi sendiri kesana kemari, ke perpustakaan atau meminjam kepada teman yang jurusannya sejarah. Setelah mendapat buku referensi biasanya setiap kelompok berdiskusi masing-masing, biasanya membagi tugas antar anggota kelompok.

 Setelah tugas masing-masing anggota sudah selesai ,lalu dikumpulkan dan diprint. Setelah itu masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjasama mereka didepan para audiens (teman-teman) dan dosen. Dengan belajar yang seperti inilah saya merasakan perbedaan karena secara tidak langsung dapat mengetahui isi buku referensi, tidak sekedar membaca, akan tetapi juga memahami, karena untuk mencapai sebuah tujuan yaitu mendiskusikan isi daripada referensi tersebut.

Saya mengatakan belajar sejarah kebudayaan islam sangatlah penting karena dengan belajar SKI itu memungkinkan kita untuk lebih mengetahui awal munculnya islam, mengetahui tokoh-tokoh islam, mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan agama islam, mengetahui keadaan pada masa itu. Dan dengan belajar sejarah kebudayaan islam itu dapat menguatkan keimanan kita terhadap islam. Selain itu, mengetahui sejarah islam dapat memperkuat keyakinan kita terhadap Rosul yang telah membawa agama islam yang disampaikan dan diajarkan kepada umatnya. Dan banyak 'ibroh yang dapat kita ambil dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari menuju berkehidupan yang lebih baik dan berpedoman.

Allâh Azza wa Jalla berfirman :

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman [Yusuf/12:111]

Manfaat belajar SKI sangatlah banyak, meliputi aspek agama, sosial dan kebudayaan. Dimana masing-masing dari tiga aspek tersebut hidup berdampingan dengan kita. Dan setelah kita mempelajari SKI, kita dapat mengetahui bagaimana cara yang baik untuk menyikapi atau mengamalkan hal tiga tersebut.

Untuk kedepannya, semoga belajar SKI dengan cara kelompok seperti ini akan berjalan lebih baik daripada sebelumnya, saya harap semua teman-teman untuk lebih fokus ketika belajar di kelas maupun di luar kelas. Dan ucapan terimakasih saya tuturkan untuk Ibu Rohmatun Lukluk Isnaini  telah berkenan menemani saya belajar SKI dikampus. Dan semoga ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri dan orang lain.

VIDEO PILIHAN