Mohon tunggu...
MR.Zidane
MR.Zidane Mohon Tunggu... PELAJAR

uhuy

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gili Rawangan

11 Desember 2019   18:37 Diperbarui: 11 Desember 2019   18:38 4 0 0 Mohon Tunggu...

Pulau Gili Trawangan tentunya tidak asing lagi bagi kita, terutama bagi wisatawan atau mereka yang gemar travelling. Gili Trawangan sendiri terletak di Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Pulau tersebut merupakan pusat pariwisata di Lombok, akses menuju Gili Trawangan bisa dengan perahu motor dari Lombok dan juga fast boat atau kapal cepat dari Bali. Pulau tersebut sangat populer sekarang ini, namun tahukah anda akan sejarah atau asal mula nama dari pulau Gili Trawangan tersebut.

Sejarah pulau Gili Trawangan Lombok

Pulau Gili Trawangan sebuah pulau cantik yang memiliki luas hanya sekitar 340 hektar, dengan panjang pulau sekitar 3 km dan lebar 2km, dikeliling oleh pantai cantik dan berpasir putih, berikut pemandangan alam laut yang spektakuler, sehingga tidak mengherankan Gili Trawangan menjadi salah satu tujuan terfavorit di Indonesia. Keindahan yang ditawarkan memang membuat Gili Trawangan semakin mendunia, kehidupan malam juga seolah tidak pernah mati, hingar-bingar musik serta nuansa pesta tiada henti sampai menjelang pagi. Kepopulerannya tidak lantas membuat semua orang tahu akan sejarah akan pulau tersebut.

Sejarah Dan Asal Mula Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan terletak berjejer dengan dua buah pulau kecil lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air, pulau-pulau tersebut dulunya bernama Pulau Terangang (Gili Trawangan), Pulau Sasi (Gili Air) dan pulau Tini (Gili Meno), ketiga pulau tersebut memiliki nama yang berbeda, seperti halnya Gili Trawangan yang dulunya bernama pulau Pulau Terangang.

Orang sasak menyebut pulau kecil dengan sebutun 'Gili" sedangkan "Terangang" sendiri berarti terangan yang artinya tempat bertelurnya penyu, sehingga tidak mengherankan ketika anda melakukan aktivitas wisata menyelam atau snorkeling terkadang anda bisa menyaksikan kehadiran penyu, bahkan di pantai sekitar Gili Trawangan, wisatawan bisa menemukan tempat penangkaran penyu, anda bisa menyaksikan penyu-penyu kecil (tukik) yang ditangkar dan nantinya akan dilepaskan lagi ke laut.

Jadi dari situ kita ketahui bagaimana sejarah dan asal-usul penamaan dari pulau Gili Trawangan tersebut. Lalu bagaimana sejarah dan asal mula pulau kecil tersebut berpenghuni sampai sekarang ini? Berdasarkan sejumlah sumber, pada saat zaman penjajahan kerajaan Bali di Lombok, yang kala itu raja Bali mengutus Patih AA Gede Alit untuk menduduki Lombok, menjadikan Gili Trawangan tersebut sebagai tempat pembuangan pemberontak, sebanyak 350 orang yang dianggap pembrontak dari suku sasak dibuang di pulau Gili Trawangan.

Pulau Gili Trawangan Lombok

Ada banyak cerita yang berkembang tentang sejarah atau asal usul dari Gili Trawangan tersebut, diceritakan juga bahwa penduduk asli dari pulau tersebut berasal dari manusia

VIDEO PILIHAN