Fesyen

Brand Asli Indonesia yang Sering Dikira Buatan Luar Negeri

2 Juni 2018   11:41 Diperbarui: 2 Juni 2018   11:59 827 3 0
Brand Asli Indonesia yang Sering Dikira Buatan Luar Negeri
Industri sepatu di Indonesia (Wartaekonomi.co.id)

"Cintailah Produk-Produk Indonesia" tagline yang digembor-gemborkan pemerintah agar masyarakat Indonesia membeli sesuatu yang merupakan produk Indonesia. Padahal produk-produk Indonesia juga tak kalah menarik dengan brand-brand luar negeri. Tetapi juga ada brand yang asli Indonesia namun sering dikira buatan luar negeri karena berbagai alasan. Berikut ini adalah brand-brand asli Indonesia yang sering dikira buatan luar negeri.

Brodo

Bro.do
Bro.do
Brodo merupakan merek sepatu cowok yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat. Brodo ini didirikan oleh dua orang mahasiswa teknik ITB yang bernama Yukka Harlanda dan Putera Dwi Karunia pada tahun 2012. Pada tahun yang sama Brodo mendapatkan dana dari seorang investor yaitu Christopher Angkasa. Brand yang sebelumnya bernama Brodo Footwear berganti nama menjadi Brodo Indonesia dan mendirikan situs web. Selain memasarkan brandnya di situs web, saat ini Brodo juga telah memiliki beberapa outlet yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya, dan Yogyakarta.

Piero

Pieroindonesia.com
Pieroindonesia.com
Piero merupakan brand sepatu yang didirikan oleh Djimanto yang terinspirasi dari nama atlet sepakbola dunia, Alesandro Del PIERO. Merek ini sebelumnya bernama Star Moon yang dibeli dari Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dikarenakan menunggak uang BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia). Sebelum bernama Piero, Djimanto menamai sepatu ini dengan nama "Urip" namun nama tersebut kurang menjual. Sempat juga ingin menamainya dengan nama Cristiano Ronaldo atau CR7 namun Djimanto khawatir akan klaim nama oleh sang pemilik nama.

League

League-world.com
League-world.com
League juga merupakan brand sepatu "olahraga" asli Indonesia. Bermula dari tahun 2003 di bawah manajemen suatu perusahaan ritel & marketing besar Indonesia, Berca Retail Grup (BRG). League mulai dirancang dan diluncurkan Februari 2004. Dengan menggunakan fasilitas PT. Nagasakti Paramashoes Industry, yang memiliki pengalaman mengembangkan merk internasional selama lebih dari 20 tahun. Padahal Berca Retail Grup awalnya bisa dikatakan "distributor" brand luar negeri asal Amerika Nike. Dengan menggunakan fasilitas PT. Nagasakti Paramashoes Industry, yang memiliki pengalaman mengembangkan merk internasional selama lebih dari 20 tahun. 

Specs

Liga-indonesia.id
Liga-indonesia.id
Specs juga merupakan brand sepatu "Olahraga" asli Indonesia. Specs adalah brand sepatu olahraga yang diluncurkan pada tahun 1980, oleh PT. Panarub Industry. PT. Panarub Industry merupakan perusahaan yang juga memproduksi sepatu-sepatu merk dunia seperti Adidas, Mizuno, dan New Balance. Pada awal pendirian banyak yang tak sadar bahwa sepatu ini buatan Tanggerang. Namun dari waktu ke waktu banyak yang mulai sadar bahwa sepatu Specs adalah produk "Made In Indonesia". Bahkan sampai saat ini banyak tim dalam negeri dan luar negeri baik sepakbola maupun futsal yang menggunakan apparel ini. Baru-baru ini juga mereka (Specs) mensponsori Liga 1 2018.

910

910sportswear.com
910sportswear.com
Brand 910 merupakan brand sepatu yang lebih condong ke sepatu lari. Brand ini adalah hasil dari program yang digagas oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno. Program tersebut bernama Ok Oce yang sangat bermanfaat bagi para wirausahawan. Sandiaga Uno pada beberapa kesempatan juga sering menggunakan sepatu buatan 910. Padahal pabrik sepatu 910 ini awalnya memiliki pabrik di Tanggerang bukan di Jakarta. Namun, Hartono sang pemilik 910 merupakan warga asli Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Diatas merupakan produk-produk Indonesia loh ya. Jadi jangan salah, kualitas bagus tidak selamanya produk luar negeri. Produk dalam negeri juga tak kalah kualitasnya

CINTAILAH PRODUK-PRODUK INDONESIA