Mohon tunggu...
Zia Mukhlis
Zia Mukhlis Mohon Tunggu... Jurnalis - Pemerhati Pendidikan dan Sosial Budaya

Jurnalis Lepas

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Apa Itu Pandemi

2 April 2020   07:16 Diperbarui: 2 April 2020   07:24 132 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi adalah wabah. Menurut kamus KBBI pandemi bermakna wabah yang berjangkit serentak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas. Sedangkan menurut World Health Organization (WHO), pandemi dinyataka ketika penyakit baru menyebar di seluruh dunia melampaui batas. Bisa disimpulkan bahwa kata 'pandemi' yang sering kita dengar akhir-akhir ini memiliki arti suatu penyakit yang mewabah ke berbagai negara dan penjuru dunia. Seperti penyakit hari ini yang berasal dari virus Corona atau Covid-19.

Adapun jumlah korban yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 ini menurut data yang diunggah oleh kompas.com, pada Rabu (1/4/2020) pagi, telah dikonfirmasi sebanyak 201 negara yang terjangkit Covid-19. Dan telah memakan korban meninggal dunia sebanyak 42.043 jiwa. Sedangkan di Indonesia sebanyak 157 orang dinyatakan meninggal akibat Covid-19.

Ada juga pandemi lain sebelum Covid 19 yang telah menewaskan banyak jiwa, dimuat Tirto.id,

Kolera

Kolera terjadi pada tahun 1961 yang menewaskan hingga 143.000 jiwa. Penyakit ini disebabkan karena makanan atau air yang terkontaminasi oleh bakteri tertentu.

HIV

HIV (Human Immunodeficiency Virus) dimulai sejak tahun 1976 hingga hai ini. Yang ditemukan pertama kali di Republik Demokratik Kongo. Dan menewaskan lebih dari 36 juta orang sejak 1981. Saat ini ada sekitar 75 juta orang yang hidup dengan HIV.

Ebola

Ebola ditemukan pertama kali di  sebuah desa kecil di Guinea pada tahun 2014 dan menyebar ke beberapa negara tetangga Afrika Barat. Virus mematikan ini telah membunuh 11.325 dari 28.600 orang yang terinfeksi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan