Zia Mukhlis
Zia Mukhlis Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Al-Azhar- Pelajar Islam Indonesia- Forum Lingkar Pena- Komunitas Pelajar Aktif- Pikiran Yang Dipenakan

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bagaimana Cara Menumbuhkan Minat Baca?

10 Oktober 2018   20:11 Diperbarui: 10 Oktober 2018   20:48 517 0 0
Bagaimana Cara Menumbuhkan Minat Baca?
(steemkr.com)

Pertanyaan "bagaimana cara menumbuhkan minat baca?" pernah dilemparkan kepada salah seorang komika Indonesia Panji Pragiwaksono. Dalam salah satu video vlognya ia pernah menguraikan tentang pertanyaan ini. Awalnya ia tidak langsung menjawab tapi malah mengkritisi pertanyaan tersebut, dan malah menyalahkan pertanyaan "bagaimana cara menumbuhkan minat baca?" tersebut.

"seharusnya pertanyaannya adalah bagaimana cara menumbuhkan minat?!", jelas Panji. Minat kita apa, baru setelah itu kita mencari informasi tentang minat kita tersebut. Misalnya kita pegiat game online, maka saat ada sebuah link tentang cara mendapatkan 'cheat', dipastikan kita akan penasaran dan pasti membaca tulisan di link tersebut.

Ini juga berlaku pada minat yang lain seperti elektronik, alam, otomitif, dan lainnya. kebanyakan mainset kita menganggap bahwa membaca itu adalah hanya untuk anak-anak pintar dan orang-orang serius saja, tidak membaca adalah untuk semua orang dan semua kalangan termasuk anda.

Nah, maka langkah awal yang mesti kita tumbuhkan dulu adalah "apa minat kamu?" Jawab dulu pertanyaan ini baru kita cari bacaannya. Jika kamu sudah tahu apa minat kamu maka dengan mudah kamu bisa mencari informasi tentang minat kamu, salah satunya dengan membaca. Kini membaca tidak mesti dengan membaca buku, lewat gadget yang ada di genggaman kamu kini kamu bisa mencari apapun yang kamu ingin cari.

Satu lagi yang tak kalah pentingnya adalah "rasa kepo kamu harus tinggi, jangan mudah puas", dengan rasa kepo yang tinggi itu bisa membuat kami penasaran dan haus akan informasi, buka ini belum juga terjawab pertanyaannya, buka lagi masih juga belum terjawab, hingga kamu puas dan mendapatkan jawaban dari minat kamu tadi, dan ternyata sudah banyak 'tab' yang kamu baca. Jika dilanjutkan pasti akan sampai pada membaca buku.

Bukulah sumber informasi yang menyajikan informasi itu secara lengkap, tidak seperti link-link internet kebanyakan yang biasanya hanya menampilkan satu sisi dan sudut pandang. Lanjutkan jenjang bacamu hingga melahap berbagai macam buku. Kamu pasti bisa!

Begitulah caranya menumbuhkan minat baca, bisa jadi kamu masih alergi dengan istilah baca namun mulailah dari minat terlebih dahulu, sekali lagi 'apa minat kamu?'.

Mulailah membaca dari hal yang ringan dan tipis, bisa dimulai dari novel dan buku-buku motivasi lalu meningkat dan meningkat. Atau bisa juga dengan kebutuhan diri kamu, lagi malas-malas baca buku tentang biografi tokoh-tokoh besar, lagi jenuh baca buku cerita atau novel, lagi galau baca buku agama.

Yuk kita membaca, kata pak Anis Baswedan,"minat baca kita tinggi, tapi daya baca kita rendah. Baca WA berjam-jam bisa, tapi liat buku tebal langsung minder".