Mohon tunggu...
Zia Fauzia
Zia Fauzia Mohon Tunggu... Dahulukan Kebutuhan Dibandingkan Keinginan

Saya hobby pakai sendal jepit n tak mabuk darat😀

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kelapa Muda Segar dan Menyehatkan

1 Mei 2021   14:44 Diperbarui: 1 Mei 2021   14:50 29 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelapa Muda Segar dan Menyehatkan
Mama Imbir ketika sedang memotong kelapa muda milik pengunjung/dokpri

Ramadan, Kelapa Muda Laris Manis

Mama Imbir : Bisa Laku 50-100 Buah Per Hari

SORONG, PAPUA BARAT-Kelapa Muda memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengganti ion tubuh yang terkuras. Nah, pas sekali di bulan Suci Ramadan ini bagi umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa untuk mengonsumsi Kelapa Muda. Entah itu dikonsumsi secara murni tanpa campuran, atau sesuai selera dan lebih segar lagi jika diatambahkan es batu, atau bahkan sirup, gula merah bahkan susu kental manis. 

Jika ada masyarakat yang ingin menikmatinya di tempat maka biasanya buah kelapa muda ini disajikan langsung dalam bentuk buah segar yang dipotong bagian ujung, ada sedotan dan sendok dari potongan serabut kelapa menjadi alat bantu untuk menikmati kesegaran buah ini

Mama Imbir/dokpri
Mama Imbir/dokpri

Di Bulan Suci Ramadan merupakan salah satu momen yang dinanti-nantikan oleh pedagan Kelapa Muda yang berada disepanjang Tembok Berlin Kota Sorong. Hal tersebut diakui salah satu pedagang Mama-mama Papua yaitu Mama Imbir.

Dikatakannya bahwa pada hari biasa-biasa saja, Kelapa Muda tetap dicari pengunjung, terlebih di Bulan Suci Ramadan bisa berkali-kali lipat keuntungannya. Karena peminatnya meningkat, dari warga biasa hingga para pedagang es campur dan pedagang lainnya yang membutuhkan Kelapa Muda dan Kelapa Tua juga.

“Kalau hari biasa harga Rp 10.000 tetapi kalau puasa Rp 15.000 dan kalau ada yang mas-mas datang beli untuk jual kembali dikasih harga lebih murah dari harga biasanya,” kata mama Imbir.

Mama Imbir mengaku bahwa penjualannya bisa mencapai 50 per hari, sementara di Bulan Suci Ramadan bisa meningkat. “Kalau hari biasa bisa laku 50 kelapa, kalau puasa bisa sampai 100 buah kelapa,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa harga yang diberikan merupakan harga yang sudah wajar. Karena untuk mengankut kelapa hingga ke Tembok Berlin membutuhkan transport. “Ini kan dibawah dari pulau Sop. Diambil disana, dibawah ke sini pakai motor katingting atau motor jonson pakai bbm,” ujarnya.

Mama Imbir juga mengatakan bahwa mengonsumsi kelapa muda banyak manfaatnya. Bahkan ada kelapa yang ukurannya kecil tetapi lebih maha dibanding kelapa pada umumnya. Kata mama Imbir itu memilki khasiat yang lebih. “Banyak manfaatnya, ganti ion tubuh, kalau lagi pandemic begini cocok minum kelapa muda. Apalagi yang kelapa bibir merah itu obat untuk penyakit dalam, jadi lebih malah. Harganya Rp 15.000 per buah. Biasa dipakai buat hajatan khitanan anak,” pungkasnya. 

Salah satu pengunjung, Ismail mengatakan bahwa setiap berbuka puasa sebelum menikmati menu makanan lainnya, ia terlebih dahulu mengonsumsi air kelapa muda bahkan memakan daging kelapanya. “Orang kan sudah pada tahu, kelapa ini mau langsung minum begitu saja atau mau diapakan tetap enak dan jelas manfaat buat kesehatan ada,” ungkapnyaPenulis ketika menemui Mama Imbir sebelum memasuki bulan Puasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN