Zainal Hartoyo
Zainal Hartoyo Dosen

Dosen pada salah satu perguruan tinggi di Jambi Diberi kepercayaan sebagai Pengelola Mutu dan Akreditasi Instansi

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tips dan Trik Lolos CAT CPNS Berdasarkan Pengalaman Pribadi

10 September 2018   07:00 Diperbarui: 10 September 2018   07:17 1190 0 0
Tips dan Trik Lolos CAT CPNS Berdasarkan Pengalaman Pribadi
Sumber: KOMPAS.com

Sebelum saya uraikan tips dan trik lolos CAT CPNS ada baiknya jika saya uraikan terlebih dahulu gambaran tes CAT CPNS tahun 2018 ini, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permen PANRB RI) nomor 36 tahun 2018 tentang kriteria penetapan kebutuhan pegawai negeri sipil dan pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil tahu 2018. Berdasarkan permen tersebut, tes terdiri dari tiga jenis tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: (1) Nasionalisme; (2) Integritas; (3) Bela Negara; (4) Pilar negara; (5) Bahasa Indonesia; (6) Pancasila; (7) Undang-Undang Dasar 1945; (8) Bhinneka Tunggal Ika; dan (9) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

Tes Intelegensi Umum (TIU) bertujuan untuk menilai: (1) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan; (2) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka; (3) Kemampuan figural yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram; (4) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan (5) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertujuan untuk menilai: (1) Pelayanan publik; (2) Sosial budaya; (3) Teknologi informasi dan komunikasi; (4) Profesionalisme; (5) Jejaring kerja; (6) Integritas diri; (7) Semangat berprestasi; (8) Kreativitas dan inovasi; (9) Orientasi pada pelayanan; (10) Orientasi kepada orang lain; (11) Kemampuan beradaptasi; (12) Kemampuan mengendalikan diri; (13) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas; (14) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan; (15) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan (16) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Materinya banyak, bukan? Banyak sekali!

Oleh karena itu, rasanya tips dan trik menjadi sesuatu yang sangat membantu bagi rekan-rekan yang tahun ini akan mencoba mengikuti tes CPNS.

Tips dan trik lolos CAT CPNS persi saya yaitu:

  1. Belajar hal-hal yang terkait materi tes CPNS di atas,
  2. Alokasikan waktu tertentu untuk menjawab ketiga jenis tes tersebut. Tahun lalu waktu tes adalah 100 menit. Saya mengalokasikan waktu masing-masing 30 untuk menjawab TWK dan TIU. Dalam 30 menit pertama itu saya tidak selesai menjawab semua soal TWK, saya tinggalkan saja, lanjut ke soal TIU. TIU juga tidak bisa saya selesaikan dalam waktu 30 menit, saya tinggalkan juga, lanjut ke TKP sisa waktu 40 menit. Untuk TKP kerjakanlah secepat-cepatnya karena soal TKP cukup mudah untuk dijawab, anggap TKP membutuhkan waktu 15 menit, jadi masih ada sisa waktu 25 menit. Sisa waktu dari menjawab soal TKP saya manfaatkan untuk menjawab soal TWK dan TIU yang belum sempat terjawab sebelumnya.
  3. Jangan berlama-lama membaca soal yang kita anggap sulit. Kalau soal itu saya anggap sulit saya lewatkan saja dulu.
  4. Jawab semua soal yang diteskan. Setahu saya tidak ada pengurangan nilai jika jawaban kita salah, syukur-syukur jawaban kita itu benar sehingga dapat menambah point.
  5. Usahakan kondisi tubuh benar-benar dalam kondisi terbaiknya ketika tes berlangsung. Sebelum tes saya sarapan dulu karena ketika diruangan tes saya membutuhkan konsentrasi penuh untuk menjawab soal-soal tes.
  6. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Demikian tips dan trik menjawab soal CAT persi saya yang pernah lolos CAT. Semoga bisa bermanfaat.

Jambi, 10 Semtember 2018

Salam

Z Hartoyo (zhartoyo@gmail.com)